• 16 June 2024

Terra Demo Alat Mesin Pertanian

uploads/news/2021/12/terra-demo-alat-mesin-68856764b0cb062.jpeg

“Dengan proses demo ini, diharapkan petani dapat melihat langsung kemudahan, kecepatan serta hasil yang lebih baik dibandingkan dengan proses olah lahan secara manual,”

MADIUN - Pertanian tak mungkin bisa mencukupi kebutuhan penduduk yang terus bertambah tanpa teknologi. Untuk menjawab tantangan tersebut, PT Terra Agro Digital (Terra) tampil mengembangkan budaya mekanisasi pertanian di Indonesia melalui platform digital TERRA. Selama Januari hingga November 2021, TERRA telah membantu proses panen padi dan jagung dengan proses mekanisasi seluas lebih dari 1.300 hektar.

Baca juga: Traktor Impala, Lincah dan Jagonya Memanjat

Mekanisasi pertanian jadi salah satu komponen penting untuk pertanian modern. Untuk membiasakan penggunaan mekanisasi, TERRA melakukan demo olah lahan dengan proses mekanisasi untuk Traktor roda 4 di Desa Tulungrejo, Kecamatan Madiun, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (10/12) di lahan seluas 2,3 hektar.

“Dengan proses demo ini, diharapkan petani dapat melihat langsung kemudahan, kecepatan serta hasil yang lebih baik dibandingkan dengan proses olah lahan secara manual,” ungkap Manager Operasi PT Terra Agro Digital, Dhimas Rangga Saputra melalui press release.

Selain itu, demo olah lahan yang dihadiri lebih dari 30 petani tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan kesan positif dari para petani. “Kalau pakai mesin begini, olah lahan jadi jauh lebih cepat dan hemat. Dan petani tidak dibingungkan mencari tenaga kerja untuk mengolah lahan,” ujar salah seorang petani dalam demo tersebut.

Baca juga: Menilik Kecanggihan Mesin Pertanian YH850

Dengan terus melakukan edukasi dan implementasi proses tani dengan mekanisasi, besar harapan bahwa TERRA bisa menjawab masalah pertanian Indonesia, semakin menurunnya jumlah petani dari tahun ke tahun.

Kemudian, dengan pengimplementasian proses mekanisasi secara tepat, diharapkan progress mekanisasi di bidang pertanian bisa terbangun dengan baik. Sehingga industri pertanian di Indonesia, dan Jawa Timur, secara khusus mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan daerah dan juga pada petani secara langsung.

Baca juga: Drone Harapan Petani Temanggung

Baca juga: Drone Canggih Bantu Para Petani Banyuwangi

Related News