• 29 March 2024

Menjelajahi Balai Embrio Ternak Cipelang

"Balai Embrio Ternak ini berdiri tahun 1994, BET ini diresmikan oleh wakil presiden Try Sutrisno dan diinisiasi oleh BJ habibie.."

Pendirian Balai Embrio Ternak Cipelang berawal dari pembentukan Pusat Pengembangan Bioteknologi Pertanian pada tahun 1991, yang diikuti dengan dibuatnya suatu jaringan kerjasama pembangunan peternakan pada tahun 1992. Pada tahun 1993, disusun Rencana Induk Pengembangan Bioteknologi Peternakan dengan dukungan penelitian dan pengembangan yang kuat. Pada tahun 1993/1994, dibentuk Pusat Aplikasi Bioteknologi Peternakan unit Produksi Embrio yang diikuti perpindahan lokasi dan perubahan nama BPT HMT Cisarua menjadi BET Cipelang yang berlokasi di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Lokasi Balai Embrio Ternak Cipelang Bogor terletak di lereng Gunung Salak di desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat (17 km dari gerbang tol bogor). Secara administratif Desa Cipelang berbatasan dengan Desa Tanjungsari (Utara), Desa Cibalung (Timur), Desa Cijeruk (Selatan), Kabupaten Sukabumi (Barat). Lokasi BET Cipelang dapat ditempuh melalui dua jalur utama yaitu Ciawi (20 Km) dan Batutulis (15 Km).

Baca juga: Bangkitnya Industri Sapi Perah Pasuruan

Drh. Oloan Parlindungan. MP selaku kepala Balai Embrio Ternak menceritakan khusus kepada Sahabat Tani apa saja yang ada di dalam BET serta pelayanan apa saja yang diberikan jika berkunjung ke sana. “Balai Embrio Ternak ini berdiri tahun 1994, BET ini diresmikan oleh wakil presiden Try Sutrisno dan diinisiasi oleh BJ habibie yang pada saat itu beliau selaku menteri menristek, BET ini dibangun karena pengembangan dunia peternakan khususnya dibidang reproduksi melalui ensiminasi buatan diperlukan untuk uji coba melalui embrio transfer setelah uji coba baru didirikanlah BET ini. tugas dan fungsi yang pertama produksi, distribusi dan pengembangan terhadap ternak. Selain itu kita juga melakukan bimbingan teknis terhadap petugas-petugas lapangan, menyebar informasi melalui kunjungan,” jelasnya.

Baca juga: Rahasia Tersembunyi Daging Sapi Bali

Oloan juga menerangkan jika kita berkunjung ke BET sebelumnya kita sudah harus melakukan registrasi terlebih dahulu secara online melalui aplikasi berbasis website yang bernama Siscobeti.

“Di BET ini ada beberapa layanan seperti pembelian embrio, pembelian bibit, pengajuan magang, pengajuan kunjungan, penelitian, selain itu kita juga laporan keberhasilan di lapangan. Kalau untuk berkunjung tinggal klik di soscbeti tinggal diajukan kesitu. Fasilitas yang kita berikan yaitu pertama kunjungan, kita terangkan apa BET itu. Kemudian bisa lihat video-video kita setelah itu baru kita berkunjung ke lapangan, sedangkan untuk yang magang kita juga sediakan tempat tinggal dan fasilitas lainnya,” ujar Oloan.

Related News