• 18 July 2024

Jenis-jenis Ikan Koi Terpopuler

uploads/news/2021/12/jenis-jenis-ikan-koi-terpopuler-46657f2c130d7d6.JPG

Selain indah, ikan koi memiliki jenis yang beragam. Kata Sigit, jenis koi sendiri bisa dibilang mencapai 100 jenis.

Keindahan warna koi tidak jarang membuat ikan cantik ini banyak dicari pencinta ikan hias, bisa dibandrol dengan harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Selain indah, ikan koi memiliki jenis yang beragam. Menurut Sigit, pengelola ikan koi di Merapi Farma Herbal di Jalan Kaliurang Km 21, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, jenis koi sendiri bisa dibilang mencapai 100 jenis.

Kata Sigit, jenis-jenis tersebut bisa dilihat dari spesifikasi tubuhnya seperti warna, motif atau corak dan bentuk tubuhnya. Ikan koi berasal dari dataran Tiongkok. Namun, pada abad ke 17, ikan ini dibawa ke Jepang untuk dijadikan bahan makanan. Di Negeri Sakura itu, ikan koi diperkenalkan sebagai simbol cinta dan persahabatan.

“Makanya sekarang dikenalnya koi itu dari Jepang. Kemudian mulai dikenal di Indonesia sejak presiden Soekarno dapat hadiah dari perdana menteri Jepang, yaitu ikan koi. Kemudian koi mulai di budidayakan di Indonesia tepatnya di Lampung, Soekarno memberikan koi tersebut. Dan Akhirnya mulai muncul koi-koi di Indonesia,” tutur Sigit kepada Jagad Tani.

Baca juga: Peluang Menjanjikan Budidaya Ikan Koi

Semenjak itu, koi mulai populer di Indonesia. Sampai saat ini, keragaman jenis ikan koi dengan warna dan pola yang berbeda, menarik perhatian para kolektor ikan. Berikut beberapa jenis koi yang populer:

Asagi
Koi jenis asagi memiliki perpaduan warna yang indah yaitu antara biru dan merah. Ciri-cirinya dapat Sahabat Tani lihat pada bagian punggung terdapat susunan sisik yang menyerupai jala atau mata jaring yang berwarna biru atau kebiruan. Warna merah pada pangkal sirip dada disebut Motoaka.

Bekko
Ikan koi bekko juga banyak dicari oleh pencinta koi. Ciri-cirinya mudah untuk Sahabat Tani ketahui karena jenis ini memiliki corak yang khas yaitu bercak-bercak hitam pada punggungnya yang sepintas seperti jejak tapak kaki, atau susunan batu.

Goromo
Ikan ini merupakan persilangan koi kohaku dan asagi. Perpaduan warna di tubuh koi goromo yaitu biru, keunguan, ungu tua atau hitam. Harganya berkisar Rp 450 – 700 ribu.

Baca juga: Keistimewaan Merawat Koi di Akuarium

Tancho
Koi populer berikutnya adalah jenis tancho. Koi tancho memiliki pola merah satu titik di bagian kepala. Koi jenis ini sangat dihormati di industri Jepang, sebab tancho disebut mirip dengan Grus japonensis atau red crowned crane.

Kohaku
Kohaku bisa Sahabat Tani temukan dengan mudah di pasar-pasar ikan hias. Kohaku populer di kalangan pencinta ikan untuk dilombakan. Jenis ini memiliki warna merata yang cerah dan pola yang merata di seluruh badan. Harga ikan koi kohaku ditaksir kurang lebih Rp200 ribu.

Kumpay Slayer
Koi ini juga disebut koi butterfly, karena memiliki saya panjang yang indah seperti kupu-kupu. Ikan ini tergolong mahal, bisa dibandrol dengan harga hingga Rp 1.5 juta – Rp 2 juta per ekor.

Shiro Utsuri
Ikan ini memiliki ciri khas warna dasar putih dan terdapat bercak-bercak hitam. Ikan ini dibandrol seharga Rp 700 – Rp 800 ribu per ekor.

Baca juga: Cibinong Majukan Ikan Hias Indonesia

Related News