• 13 June 2024

Lulusan SD Sukses Ternak Udang Hias

“Kemudian saya sering lihat kalau usaha ternak red bee ini cukup menjanjikan, peminatnya banyak dan untungnya bisa untuk memenuhi kebutuhan. Akhirnya saya juga ikut membudidayakan dan hasilnya lumayan”

Udara dingin menyelimuti kawasan Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Sejak dini hari, Riyadul Hakim, peternak udah hias red bee dan black bee, bergegas berangkat dari rumahnya menuju peternakan miliknya. Ada ribuan udang di peternakannya. Pemuda berusia 23 tahun itu sibuk memantau seluruh udang hias untuk memenuhi permintaan dari konsumen yang setiap hari kian meningkat.

Memulai usahanya dari nol, siapa yang sangka, pemuda yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) ini sukses beternak udah hias dengan omset mencapai puluhan juta rupiah dalam sebulan. Katanya, dalam sebulan udang di peternakannya bisa habis terjual sebanyak 8000 – 20.000 ekor per bulan.

“Terinspirasi dari om sendiri. Om juga ternak udang red bee. Kemudian saya sering lihat kalau usaha ternak red bee ini cukup menjanjikan, peminatnya banyak dan untungnya bisa untuk memenuhi kebutuhan. Akhirnya saya juga ikut membudidayakan dan hasilnya lumayan,” ungkap Riyad kepada Jagad Tani.

Baca juga: Sejarah Red Bee, Udang Hias Terlaris

Pria yang akrab dipanggil Riyad ini mengaku perjuangannya membangun peternakan udang tak semudah membalikkan tangan. Ada kerja keras yang dilakukan Riyad selama budidaya udang hias sejak 2017.

“Harus telaten kalau merawat udang hias, karena udang ini juga rawan mati kalau perawatannya tidak diperhatikan. Sebagai peternak udang hias harus paham cara merawat udang hias yang benar,” ungkapnya.

Kata Riyad, pasar udang hias sudah terbuka lebar bahkan hingga ranah internasional. Riyad mengatakan udang hasil peternakannya sering di ekspor hingga Malaysia, Thailand dan lain-lain. Satu ekor udang hias baik red bee maupun black bee bisa di bandrol dengan harga Rp 5 ribu dengan panjang sekitar 1 centimeter.

Menurut Riyad, Sahabat Tani bisa ikut budidaya udang jenis red bee jika memenuhi beberapa syarat. “Yang pertama, ada mata airnya. Itu yang paling utama. Karena kebutuhan air yang bersih itu sangat penting bagi kehidupan udang jenis ini yaitu udang red bee maupun udang red bee,” jelas Riyad.

Kemudian, kata Riyad, pakan udang hias harus selalu tersedia. Riyad sendiri mengaku untuk pakan cukup menggunakan sawi dan menghindari makanan yang mengandung banyak amoniak.

“Perlu waspada dan ketelitian kalau memberi pakan udang red bee, apalagi jika pakannya mengandung banyak amoniak. Kalau pakan banyak amoniaknya, bisa menyebabkan udang red bee mudah mati” tutupnya.

Baca juga: Kiat Sukses Budidaya Udang Red Bee

Related News