• 20 April 2024

Raup Untung dari Jamu Wedang Corona

“Pengiriman jamu ini bahkan sudah ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Ke Wamena, Papua. Lalu ke Kalimantan, Bali dan antar pulau juga. Ke daerah di Jawa Barat juga sudah banyak”

Sejak virus corona atau COVID-19 menyerang Indonesia, semua orang berlomba-lomba untuk melakukan pencegahan dan mencari obat untuk menangkal virus tersebut. Berangkat dari hal tersebut, beragam produk herbal dan rempah-rempah mendadak laris manis di pasaran seperti jahe, kunyit, dan temulawak. Bahan-bahan tersebut dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa menangkal penyerangan virus corona.

Hal ini juga dilakukan oleh Merapi Farma Herbal. Kedai jamu yang berlokasi di Jalan Kaliurang No. 21,5, Banteng, Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta membuat ramuan jamu dari bahan dasar rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Produk tersebut bernama Jamu Wedang Corona.

Baca juga: Resep Empon-empon Penangkal Covid-19

Menurut Mita, pembuat jamu wedang corona, selama masa pandemi Covid-19 permintaan jamu ini meningkat dari hari ke hari. Jamu ini diklaim baik untuk kesehatan sekaligus memiliki rasa yang enak. Mita menjelaskan, ide pembuatan jamu ini karena keberadaan vitamin C di pasaran langka sejak merebaknya virus corona jenis baru, COVID-19, sehingga harganya juga mahal. Padahal vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. “Kami produksi sendiri, tumbuhannya juga ditanam disini sendiri. Asli produksi sendiri,” imbuhnya.

Saking banyaknya permintaan darimasyarakat, jamu telah dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia. “Pengiriman jamu ini bahkan sudah ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Ke Wamena, Papua. Lalu ke Kalimantan, Bali dan antar pulau juga. Ke daerah di Jawa Barat juga sudah banyak,” kata Mita kepada Jagad Tani saat ditemui di Merapi Farma Herbal.

Baca juga: Cegah Anemia dengan Makanan Sehat

Selain langkanya vitamin C, kata Mita, ide pembuatan jamu ini juga berawal pendirinya yang menyukai tanaman obat. Sehingga ia mendirikan kedai jamu untuk menyehatkan masyarakat.

Sejak 22 tahun Merapi Farma Herbal didirikan, Kata Mita, banyak pembeli yang senang berkunjung karena sudah merasakan khasiatnya. Bahkan penjualan jamu wedang corona ini pun cukup menghasilkan untung yang lumayan.

Kata Mita, cara membuat jamu wedang corona ini pun mudah. “Cara buatnya, pertama kami cuci dahulu. Kemudian di rebus dan di keringkan. Setelah dikeringkan, di oven. Lalu tahap terakhir kami kemas sehingga jadi lebih mudah dikirim,” jelas Mita.

Baca juga: Jaga Imun Dengan Mandi Empon-empon

Related News