• 27 May 2022

Ini Bedanya Sawi dengan Pakcoy

SHARE SOSMED

"Pada umumnya sawi memiiliki tampilan daun yang lebih rapat, namun tidak besar. Sementara untuk pakcoy relatif lebar.."

Siapa disini Sahabat Tani yang masih sulit membedakan sawi dengan pakcoy? Aneka sayuran sawi seringkali menjadi pilihan makanan kaya nutrisi untuk lauk sehari-hari. Ya, terlebih jenis sayuran berdaun hijau ini memiliki harga yang terjangkau. Tak hanya itu, sawi juga mengandung vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Walaupun kedua sayuran ini berbeda tetapi hingga kini masih banyak orang yang kebingungan bagaimana cara membedakannya. Kedua jenis sayuran ini memang sekilas tampak serupa sehingga wajar saja banyak orang yang menganggap keduanya mirip.

Lia Dahlia, pemilik Blufarm menjelaskan khusus untuk Sahabat Tani apa saja perbedaan sawi dengan pakcoy. “Hal pertama yang dapat dilihat dari sawi atau caisim dan pakcoy adalah bentuk daunnya. Pada umumnya sawi memiiliki tampilan daun yang lebih rapat, namun tidak besar. Sementara untuk pakcoy relatif lebar,” jelasnya.

Baca juga: Panen Pakcoy di Depan Rumah

Batang pakcoy juga memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan sawi. Ketika dimasak batang sawi lebih mudah lunak, sedangkan pakcoy membutuhkan waktu lebih lama. Pangkal batang pakcoy ini sering dipotong ketika akan dimasak, sedangkan sawi bisa dimasak hingga pangkalnya.

Meski sama-sama berwarna hijau segar, jika dilihat sekilas sebenarnya antara sawi dan pakcoy dapat terlihat perbedaannya. Sawi pada umumnya lebih panjang dengan bentuk yang tegap. Sementara, pakcoy terlihat mirip seperti bentuk sendok yang melengkung, namun dengan daun yang lebar.

“Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari kaki atau batangnya, kalau sawi dia cenderung panjang dan kecil-kecil sedangkan pakcoy lebar dan pendek,” tambah Lia.

Pakcoy adalah jenis sayuran yang berasal dari famili cruciferous yang masih satu keluarga dengan brokoli, kubis, dan kembang kol. Karena termasuk sayuran hijau, pakcoy diyakini mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Pakcoy

Bagi Sahabat Tani yang sedang diet, pakcoy bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, setiap satu cangkir atau setara dengan 70 gram pakcoy hanya mengandung 9 kalori. Ini artinya, pakcoy mengandung rendah kalori sehingga dapat membantu menjaga berat badan Sahabat Tani tetap stabil.

Sementara sawi kaya akan vitamin A yang bisa mempengaruhi kesehatan mata dan mencegah katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Selain itu, vitamin A berperan dalam meningkatkan kesehatan saluran pernapasan, saluran kencing, dan usus. Demi memperoleh manfaat sayur sawi yang luar baisa ini, harus diperhitungkan untuk konsumsi sehari-hari.

Sudah jelas kedua sayuran ini diolah melalui menu-menu yang berbeda antara satu dan lainnya. Sawi dapat dikatakan sebagai jenis sayuran rumahan yang paling sering diolah, contohnya sebagai mie instan, mie ayam, bakso, atau menu sayuran. Sementara pakcoy lebih umum untuk menu-menu sup dan biasanya tersedia di restoran-restoran bertema all you can eat.

Nah, beberapa perbedaan antara caisim dan pakcoy di atas semoga dapat membantu Sahabat Tani dalam membedakan keduanya. Jangan sampai tertukar lagi ya.

Baca juga: PPKM Darurat, Berkebun Jadi Pilihan

Related News