• 20 April 2024

Cegah Penyakit pada Kucing Kesayangan

uploads/news/2021/12/cegah-penyakit-pada-kucing-17331535fda9cbc.JPG

“Vaksin dan perawatan kucing yang baik dan benar menjadi kunci utama agar kucing bebas dari penyakit”

Kucing memang jadi hewan paling banyak dipelihara. Sama seperti manusia, kucing pun bisa terkena berbagai penyakit yang mengerikan, dari mulai banyaknya kutu di sekitar tubuhnya bahkan bisa terserang kurap dan infeksi jamur.

“Penyakit yang umum biasanya menyerang kucing adalah flu dan diare. Tapi ada juga penyakit yang disebabkan oleh virus,” kata Dita, pendiri dan pemilik Rumah Kucing Parung, kepada Jagad Tani.

Lebih lanjut, wanita berusia 46 tahun ini menjelaskan beberapa jenis virus yang sering menyerang kesehatan kucing, “adapun beberapa virus yang sering menyerang kucing adalah virus calici, biasanya menyerang ke bagian pernafasan atau sekitar mulut. Lalu ada juga virus panleukopenia akan menyerang bagian pencernaan,” jelas Dita.

Baca juga: Mitos Fakta Kucing Tiga Warna

Kata Dita, kucing memang rentan sekali terserang virus. Biasanya virus-virus tersebut akan menyerang bagian pernafasan, mulut, pencernaan, tenggorokan, mata, dan kandung kemih. Misalnya seperti virus Panleukopenia. Virus ini sangat menular di antara kucing. Virus ini membelah dengan cepat di pencernaan kucing, seperti sel di sumsum tulang, usus dan janin yang sedang berkembang.

“Selain itu, ada juga virus rhinotrachetis akan menyerang bagian tenggorokan, kemudian yang banyak menyerang kucing juga ada virus clamydia akan menyerang mata,” imbuhnya.

Tentu Sahabat Tani tidak ingin kucing kesayangan kalian menjadi tidak sehat, bukan? Untuk itu, Dita mengatakan kunci utama agar kucing bebas dari serangan virus dan penyakit. “Vaksin dan perawatan kucing yang baik dan benar menjadi kunci utama agar kucing bebas dari penyakit,” ungkapnya.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Memijat Manusia

Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah virus menyerang tubuh kucing. Vaksin bisa bekerja dengan cepat dan bisa memberikan kekebalan pada tubuh kucing dalam beberapa jam, hari bahkan bulan. Cara ini bisa menyelamatkan banyak nyawa kucing di lingkungan di mana paparan penyakit menular biasa terjadi. Lakukan vaksinasi setiap tahun.

Kata Dita, beri makanan sehat yang kaya protein dan vitamin. Pastikan kucing kesayangan Sahabat Tani tidak minum dari sumber air yang kotor. Sebab, air yang kotor akan menghambat proses pencernaan dan virus Panleukopenia akan menyerang tubuhnya.

Rutin memandikan kucing juga jadi point yang penting. Selain untuk menjaga kebersihan si kucing, mandi juga menghilangkan kutu, jamur atau parasit yang menempel pada bulu. Menjaga kebersihan sanitasi juga penting.

Baca juga: Stop Penganiayaan Kucing Terlantar

Related News