• 19 April 2024

Cara Merawat Si Cantik, Red Anjamani

uploads/news/2022/01/cara-merawat-si-cantik--88928ce844488c1.jpg

"Aglaonema jenis Red Anjamani ini berasal dari Thailand, jadi untuk hidup di negara yang berbeda dari negara asalnya seperti Indonesia perlu adaptasi karena udara, tanah, dan airnya cukup berbeda,"

Sejak pandemi banyak orang yang mulai untuk bercocok tanam. Ada yang menanam sayur dan buah untuk dikonsumsi pribadi, ada juga yang menanam tanaman hias guna mempercantik dekorasi rumah. Sahabat Tani tahu tidak kalau ada tanaman yang sejak awal pandemi sampai sekarang masih tetep eksis loh.

Sahabat Tani pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang terkenal dengan kecantikan warna daunnya. Betul, ialah aglaonema. Tanaman hias ini banyak diburu karena warna daunnya yang indah dan bergam yang dapat mempercantik halaman rumah baik indoor maupun outdoor. Aglaonema merupakan tanaman hias yang memiliki ras talas talasan. Salah satu jenis Aglaonema yang paling diburu adalah Red Anjamani Thailand.

"Paling banyak diminati itu salah satunya Aglaonema jenis Red Anjamani Thailand, Karena warnanya bagus dan cocok untuk hiasan dirumah," kata Rubi saat ditemui di Sentra Flora dan Fauna Semanan.

Baca juga: Mengenal Aglaonema, Perawatannya Mudah

Karena berasal dari negeri gajah putih, Aglaonema Red Anjamani ini memiliki harga yang cukup menguras kantong. Tapi tak perlu khawatir, karena Sahabat Tani akan mendapatkan tanaman yang cantik meski harus merogoh kocek agak dalam.

"Karena import dari Thailand, harganya sekitar Rp 125 ribu untuk yang Red Anjamani ini, sebanding dengan kecantikannya," ujar Rubi sambil tertawa.

Aglaonema jenis Red Anjamani, hidup diiklim hutan hujan tropis. Salah satu negara yang dapat di tempati yaitu negara asalnya, Thailand. Walaupun Indonesia dan Thailand memiliki persamaan iklim, Red Anjamani tetap memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

"Karena Aglaonema jenis Red Anjamani ini berasal dari Thailand, jadi untuk hidup di negara yang berbeda dari negara asalnya seperti Indonesia perlu adaptasi karena udara, tanah, dan airnya cukup berbeda," ujar Rubi.

Baca juga: Aglaonema Kembali Naik Daun

Aglaonema jenis Red Anjamani memerlukan waktu 1 bulan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dari negara asalnya. Dengan cara harus selalu diberi Vitamin.

"Harus selalu diberi Vitamin B1 atau abimik yang untuk sayuran, sebanyak 1 minggu sekali selama sebulan, agar dapat beradaptasi di udara, air, tanah Indonesia, selain itu juga agar daunnya jadi tegak," jelas Rubi.

Karena pada dasarnya, Aglaonema Red Anjamani merupakan tanaman hias, maka perawatannya pun tidak begitu sulit dan tidak menghabiskan waktu serta biaya yang banyak. Sehingga cocok bagi Sahabat Tani yang sedang sibuk tapi ingin menanam tanaman hias atau meletakan tanaman hias sebagai dekorasi rumah.

Baca juga: Jenis Aglaonema Berkasta Mahal

"Walaupun dari Thailand, tidak sulit dan tidak memerlukan waktu banyak untuk mengurusnya, cukup memberi pupuk khusus untuk aglaonema, lalu pakai pasir malang, dan pakai sekam yang dibakar, dan diisiramnya tiga hari sekali, saat disiram jangan sampai air menggenang di atas, karena akan menyebabkan akarnya busuk, dan tidak memiliki umur yang panjang,” jelas Rubi.

Related News