• 4 May 2024

Air Kolam Lele Lebih Bagus Hijau atau Merah?

Warna air kolam Lele memiliki dampak besar dalam perkembangan. Titik kritis kehidupan ikan pun tergantung dengan warna air kolam.

Tanpa disadari air kolam Lele akan mengalami perubahan warna, dapat menjadi hijau atau coklat. Lalu sebenarnya, lebih baik mana bagi kehidupan ternak ikan Lele? Sebelum menjawab, mari kita cari tahu penyebab perubahan warna pada air kolam lele.

Baca juga: Ikan Lele makin sedap dengan olahan ini

Air kolam Lele berwarna hijau

Warna hijau muda yang timbul pada air di kolam lele karena terdapat fitoplankton dari kelompok alga hijau (Green Algae). Warna hijau muda ini biasa terlihat pada awal kolam diisi air. Selanjutnya warna air berubah menjadi hijau tua atau pekat karena didominasi fitoplankton dari kelompok Blue Green Algea. Warna hijau ini biasanya muncul selama 8 minggu dan merupakan masa kritis dalam budidaya ikan Lele.

Plankton Blue Green Algea (BGA) dapat memicu perebutan oksigen dengan ikan di dalam air. Bahkan plankton tersebut dapat mengeluarkan zat beracun ketika suhu air berubah secara drastic. Tingkat pH yang tidak seimbang juga dapat mempengaruhi warna air kolam Lele sehinggabakteri, kuman, lumut akan mudah berkembang biak. Curah air hujan yang masuk ke dalam kolam juga dapat membuat pH berubah, belum lagi kotoran dari air hujan berdampak air menjadi kotor dan berwarna hijau.

Untuk mengatasi dapat mengunakan lampu ultraviolet dan sistem filter air dengan kapasitas disesuaikan sekitar 30-40 persen dari volume air kolam. Kombinasi ultraviolet dengan filter dipastikan dapat mengikat alga sehingga mudah dibersihkan.

Air kolam lele berwarna merah

Air yang berwarna kecoklatan pada kolam lele terjadi dengan pemberian pakan dan molase sebagai sumber karbohidrat. Perubahan warna ini menjadi indikator bahwa fitoplankton menjadi mikroba bakteri. Seiring dengan perkembangan plankton, warna air pada kolam lele akan mulai berubah menjadi merah kecoklatan.

Dengan berubahnya warna menjadi merah kecoklatan, berarti plankton tertentu mulai bermunculan dan kebal terhadap bahan organic tinggi serta terdapat bakteri fotosintetik  di dalam air. Diyakin bakteri dan plankton akan hidup berdampingan.

Air kolam lele yang berwarna merah kecoklatan atau coklat merupakan warna air yang baik untuk budidaya ikan lele ketika memasuki masa konsumsi atau menjelang panen. Dengan air kolam berwarna merah kecoklatan, diyakini ikan lele sedang dalam tahap pertumbuhan atau sehat sehingga minim jumlah kematian. Kondisi air ini wajib dipertahankan hingga panen.

Kualitas air kolam wajib diperhatikan

Agar budidaya ikan Lele dapat berkembang dengan baik, faktor utama yang wajib diperhatikan adalah kualitas air kolam. Untuk memastikan kualitas air, gunakan alat uji kualitas air agar mengetahui dengan pasti.

Baca juga: Keunggulan budidaya Lele Bioflok

Takaran pakan pun wajib diperhatikan, jika tersisa lebih dari 10 menit maka harus segera diangkat. Hal ini untuk menghindari pengendapan yang kemungkinan besar menjadi racun bagi ikan Lele. Ingat ikan Lele memang tergolong ikan air tawar yang kuat, tetapi tetap memiliki kelemahan.

Related News