• 27 April 2024

Resep Rahasia Pakan Lele Cepat Gemuk

uploads/news/2022/01/resep-rahasia-pakan-lele-900492f7b5f1c13.jpg

Sahabat Tani yang mungkin ingin memulai usaha beternak lele pasto membutuhkan pakan tambahan, sebab lele dikenal sebagai ikan yang rakus sekaligus kanibal.

Muhammad Hazim Arroyan, Pemilik F2 Farm memberikan resep probiotik atau pakan tambahan untuk lele agar cepat panen. “Dalam mendukung Budidaya lele sistem apapun baik itu Bioflok atau di kolam biasa, unsur probiotik merupakan salah satu kunci keberhasilan ternak ikan ini, oleh karena itu Probiotik sebagai kunci dalam mengelola air kolam dapat dibuat secara mandiri seperti yang saya lakukan sejak beberapa tahun lalu,” ujar pria berumur 19 tahun itu.

Sebelum Membahas lebih jauh kita harus tahu terlebih dahulu apa itu probiotik.

Probiotik merupakan mikroba yang menguntungkan bagi budidaya ikan air tawar (termasuk ikan lele). Mikroba tersebut antara lain bakteri asam laknat seperti Carnobacterium, Lactobacillus dan Pseudomonas.

Baca juga: resep sukses ternak lele

Terdapat beberapa merk probiotik terkenal yang paling umum digunakan untuk ternak lele. Merk tersebut antara lain Em4, Raja Lele sampai Probio tujuh yang terkandung bakteri menguntungkan didalamnya.

Dari berbagai merk probiotik tersebut mempunyai harga yang beragam. Namun, Hazim akan memberikan resep dari bahan-bahan yang ramah di kantong. “Bahan-bahan yang saya gunakan semuanya bisa mudah didapatkan kok, ada kurang lebih sembilan bahan yaitu air nanas, dedak, yakult atau yogurt, molase atau tetes tebu, ragi, air kelapa, kunyit yang sudah dihaluskan, temulawak yang sudah dihaluskan, lalu yang terakhir EM4 atau jenis pengurai bakteri,” tutur Hazim.

Bahan-bahan yang ia sebutkan tadi memang bisa Sahabat Tani dapatkan dengan mudah dan tidak terlalu mengocek rogok terlalu dalam untuk membelinya. “Setelah semua bahan itu disiapkan kemudian tinggal campurkan aja semuanya diaduk perlahan lalu di fermentasi selama lima hari tunggu ada gasnya lalu di hari ke lima itu gasnya hilang baru bisa di kasih ke lele,” Tutupnya.

Related News