• 27 April 2024

Sulawesi Dipilih Sebagai Lumbung Jagung Nasional

Cadangan jagung semakin mengkhawatirkan, terlebih bagi peternak ayam telur yang sangat mengandalkan jagung sebagai pakannya. Hal ini tentu membuat pemerintah harus menyiapkan daerah khusus yang dijadikan lahan tanaman Jagung. Sulawesi Selatan, tepatnya di daerah kecamatan Binamo. Kabupaten Jeneponto menjadi daerah yang dipilih oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Jeneponto itu adalah bagian-bagian dari daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari negara oleh Bapak Presiden karena income perkapita rakyat dan produktivitasnya menjadi ukuran. Oleh karena itu langkah menjadikan Sulawesi sebagai lumbung jagung nasional harus segera diangkat.

Pada akhir pekan lalu, (08/01/22), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) telah memastikan perkembangan lahan pertanaman Jagung di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Meski banyak bebatuan, namun dipastikan tidak masalah dalam produktivitSesuai dengan hasill ansiran laman kementan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan "Saya yakin banyak hal yang bisa kita benahi disini. Apalagi setelah Bapak Presiden turun banyak hal yang membuat kita harus meningkatkan kehidupan rakyat melalui pertanian yang tersedia. Bupati sudah punya perencanaan tetapi kita berharap hasil jagung kita menjadi bagian bagian dari kontribusi Jeneponto kepada kepentingan jagung nasional," katanya.

Baca juga: Senyum petani jagung di awal tahun

Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) di Kecamatan Binamo sudah mencapai 1000 hektar, dimana varietas yang ditanam adalah NK dan BISI dengan provitas mencapai 5-6 ton per hektar. Adapun biaya produksi yang dikeluarkan petani hanya Rp. 6.500.000 per hektar dengan harga jagung yang dihasilkan mencapai 23.000.000 per hektar. Disinilah Income petani mencapai Rp 16,5 juta.

 "Secara umum jagung disini sudah 30.000 lebih, dimana tahap pertama 3000 lalu menjadi 10.000, dan kita akan coba main terus agar menjadi lumbunh jagung nasional. Tentu kita tidak mau lahan yang ada ini walaupun batunya banyak tidak menghasilkan apa-apa. Apalagi irigasi sudah diperbaiki oleh Bapak Presiden dan embung untuk penyimpanan air juga ada," ujar Mentan.

Baca juga : 10 produsen jagung terbesar di Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menambahkan, Kabupaten Jeneponto masih memiliki potensi pertanaman yang jauh lebih besar lagi, kalau semua pengerjaannya dilakukan bersama-sama. Apalagi sektor pertanian adalah sektor penting, terutama dalam menjaga kekuatan ekonomi nasional.

 "Yang pasti perlu kerja sama yang erat antara Bupati dengan muspida yang ada di sini. Kita akan menjadi sesuatu yang menentukan untuk mengenergi rakyat mengambil bagian didalamnya. Dan itu juga perintah Bapak Presiden pada saya, juga perintah Bapak Kapolri dan Bapak Panglima TNI," pungkasnya.

Baca juga: Pakan pendongkrak produksi telur ayam kampung

Semoga dengan lahan jagung di Sulawesi Selatan dapat memenuhi kebutuhan pangan hingga pakan hewan ternak. Paling tidak dapat menekan harga jagung yang sempat menyentuh angka Rp6.800. Padahal Jagung pakan sendiri yang memiliki kontribusi 50% dari total produksi ternak ayam petelur sebelumnya hanya dijual Rp4.500.

Related News