• 25 April 2024

5 Penyakit yang Sering menyerang Aglaonema

uploads/news/2022/01/5-penyakit-yang-sering-6424170efddaf78.jpg

"Kalau untuk penyakitnya ada lumayan banyak juga, seperti nyonyot daun, nyonyot batang, busuk akar, spot merah di batang, bisa juga karena dari kutu yang melambatkan pertumbuhan tanaman"

Tanaman Aglaonema yang terkenal dengan kecantikan daunnya membuat pemiliknya menjadi senang hati. Setelah lelahnya beraktifitas di luar rumah, pikiran menjadi rileks dan kembali fresh, ketika melihat Aglaonema kita tumbuh dengan sehat dan subur. Apalagi jika dipajang di tempat favorit dalam rumah.

Tapi, bagaimana jika Aglaonema yang dapat membuat kita senang hati, justru sedang tidak senang hati alias lemas dan tidak sehat? Pastinya kita akan bingung dan melakukan segala cara agar Aglaoenema kita dapat kembali sehat, dan dapat membuat pikiran kita senang kembali. Sebelum kita membahas mengenai 5 penyakit yang sering menghampiri tanaman Aglaonema. Mari kita ketahui Faktor yang dapat menimbulkan penyakit pada Aglaonema terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Merawat Si Cantik, Red Anjamani

Penyakit yang sering menjangkit Aglaonema biasanya terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan Aglaonema seperti, Media yang sudah lama, sudah lapuk, terlalu lembab, juga faktor serangga. Sering terkena air hujan, juga menjadi salah satu faktornya.

"Faktor terjadinya penyakit itu dari media yang sudah lapuk atau lama, media yang terlalu lembab, adanya serangga, sering terkena air hujan, karena kan asam ya, nanti bisa nyonyot akar dan daunnya," ujar Kamal.

Faktor-Faktor tersebut dapat membuat tanaman Aglaonema kita terserang penyakit seperti nyonyot daun, nyonyot batang, busuk akar, spot merah yang berada di batang, dan bisa juga karena kutu yang membuat lambat pertumbuhan pada tanaman.

"Kalau untuk penyakitnya ada lumayan banyak juga, seperti nyonyot daun, nyonyot batang, busuk akar, spot merah di batang, bisa juga karena dari kutu yang melambatkan pertumbuhan tanaman," kata Kamal saat ditemui dikediamannya dikawasan Kembangan, Jakarta Barat.

Baca juga: Aglaonema Kembali Naik Daun

Tapi Sahabat Tani tak perlu khawatir bila Aglaonema kalian mengalami penyakit seperti diatas. Karena pria yang memiliki Channel youtube bernama Kamal Udin ini memberitahu cara untuk mengobati Aglaonema kita yang sedang sakit.

"Obatnya tergantung dari penyakitnya, kalau terkena spot merah maka, kita bersihkan spotnya. Kalau dia terkena kutu atau bakteri, kita beri bakterisida," jelasnya.

Menurut kamal, kondisi dari Aglaonema kita yang harus mengkontrolnya. Karena hanya kita yang mengetahui tanaman kita sedang sehat atau sedang kurang sehat. "Kesehatan tanaman itu kita yang harus kontrol, karena kita yang tahu tanaman kita yang sehat dan yang kurang sehat, Kalau kurang sehat langsung kita cek, lalu kita kontrol," ujar Kamal.

Related News