• 2 March 2024

Tahap-Tahap Memeras Susu Kambing Secara Benar

Segmen pasar susu kambing juga luas, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia, baik laki-laki maupun perempuan, sehat ataupun sakit

Peluang usaha susu kambing saat ini sedang berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut tidak lepas dari perubahan konsumsi masyarakat. Sekarang ini bukan hanya kebutuhan makan dan minuman saja, akan tetapi tren juga merupakan salah satu yang membuat perkembangan perubahan konsumsi di masyarakat. Bisa dikatakan bahwa susu kambing saat ini sedang naik tren.

Segmen pasar susu kambing juga luas, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia, baik laki-laki maupun perempuan, sehat ataupun sakit. Mengapa demikian, karena memang susu kambing memiliki sejuta manfaat untuk seluruh kalangan.

Baca juga: Sejuta Manfaat Susu Kambing Etawa

Sahabat Tani sudah tahu belum bagaimana tahap-tahap memeras susu kambing secara benar? Risky Desanto, Pemilik Juragan Kambing farm akan membeberkannya khusus untuk Sahabat Tani. “Pertama, Sebelum diperah, puting dan daerah di sekitarnya harus dibersihkan dengan menggunakan lap kain yang telah dibasahi dengan air hangat. Kemudian, ambing dan puting dilap dengan kain kering yang bersih, Pemerahan pun siap dilakukan. Perahan pertama sebaiknya dibuang karena banyak mengandung bakteri. Mulut botol diarahkan ke puting susu atau bisa juga ujung puting dimasukkan ke mulut botol,” jelasnya.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Kebersihan memanglah kunci utama dalam proses memeras susu kambing, Sahabat Tani harus mencuci tangan dengan sabun hingga bersih untuk meminimalisir penyakit yang bisa saja disebabkan oleh kondisi tangan Sahabat Tani kotor. “Pangkal puting susu dipegang dengan ibu jari dan jari telunjuk, lalu jari tengah diikuti jari kelingking menekan puting seperti meremas sampai susu memancar keluar. Pemerahan dilakukan sampai susu di dalam ambing habis Setelah itu, ambing dan puting dibersihkan lagi menggunakan lap yang bersih dan kering,” lanjut Risky.

Baca juga: Begini Perawatan Kambing Setelah Melahirkan

Setelah semua proses selesai, susu yang telah diperas harus langsung dimasukkan ke dalam packaging yang sudah disiapkan. Namun, sebelum itu susu akan disaring terlebih dahulu sebanyak tiga kali guna mendapatkan hasil susu yang sempurna. “Setelah dikemas jika dibekukan bisa tahan sekitar tiga bulan bahakan 12 bulan tapi kalau di kulkas biasa makimal tiga hari. pengiriman susu beku bisa menggunakan sterofoam yg tertutup rapat menggunakan lakban,” tutupnya.

Related News