• 5 May 2024

Begini Perawatan Kambing Setelah Melahirkan

Sementara itu diketahui manfaat telur dan gula merah memang sangat baik untuk kambing yang habis melahirkan

Kambing yang telah teridentifikasi sedang mengandung masih bisa disatukan dalam kandang bersama koloni yang lain hingga waktu melahirkan tiba. Namun, kita juga bisa memindahkan kambing ke kandang khusus hingga kambing tersebut melahirkan. Gunanya, untuk melindungi kambing dari gangguan kambing lainnya.

Selama mengandung, kambing pastinya memerlukan kandang yang lebih luas agar ia leluasa untuk bergerak kesana kemari. Sebagai peternak harusnya kita menyiapkan kandang senyaman dan sebersih mungkin untuk kambing betina yang sedang hamil.

Baca juga: Mitos Torpedo Kambing Tingkatkan Vitalitas Pria

Pakan juga adalah faktor yang termasuk penting untuk kambing hamil, mengingat didalam perut sang induk terdapat anak kambing atau yang biasa yang disebut cempe yang harus dipenuhi gizinya. Treatment tidak hanya dilakukan untuk kambing yang sedang hamil saja. Setelah melahirkan pun ada treatment khusus wajib diberikan agar kambing tetap sehat dan terhindar dari bakteri.

Rizky Desanto, Pemilik Juragan Kambing farm memberikan tips khusus kepada Sahabat Tani tentang bagaimana cara perawatan kambing pasca melahirkan. “Kalau di sini biasanya kambing yang habis melahirkan kita berikan telur dan gula merah, jadi setelah melahirkan selang beberapa jam kita pecahkan tiga telur lalu campurkan dengan satu balok gula merah diaduk langsung diminumin aja,” tuturnya.

Baca juga: Raup Ratusan Juta dari Ternak Etawa

Memberikan telur dan gula merah belum cukup untuk membuat kambing langsung pulih, Risky juga tidak lupa memberikan obat cacing dan vitamin B complex. “Nah setelah hari dimana dia melahirkan, besoknya baru kita kasih vitamin dan obat cacing gunanya agar kambing tetap vit dan terhindar dari bakteri,” tambah pria yang juga hobi masak ini.

Sementara itu diketahui manfaat telur dan gula merah memang sangat baik untuk kambing yang habis melahirkan. gula merah mengandung karbohidrat dan glukosa yang baik untuk daya tahan tubuh kambing pasca melahirkan agar kembali bertenaga. Sedangkan telur ayam sendiri memiliki protein yang tinggi guna membentuk kembali antibody dan hormon kambing.

“Setelah beberapa hari berlalu kita lihat perkembangan, bagaimana daya tahan tubuhnya, kebersihannya, karena kalau tidak dikasih pengobatan tradisional seperti itu dia akan rentan terserang penyakit. Oh iya pengobatan ini tidak hanya berlaku bagi kambing saja ya tapi juga bisa diterapkan pada domba,” tutupnya.

Baca juga: Perbedaan Mengkonsumsi Kambing Sehat dan Sakit

Related News