• 2 March 2024

Diet Enak Dengan Susu Kambing

"Susu kambing memiliki kandungan lemak yang jauh lebih sedikit dari pada susu sapi"

Bagi Sahabat Tani pencinta susu tetapi sedang diet, susu kambing solusinya. Susu kambing memiliki kandungan lemak yang jauh lebih sedikit daripada susu sapi. Dengan kandungan lemak yang sedikit ini, Sahabat Tani bisa memasukkannya ke dalam daftar minuman enak yang bisa diminum selama program diet Sahabat Tani berlangsung.

Hal ini juga dibenarkan oleh Risky desanto, pembudidaya kambing perah yang sudah memiliki brand sendiri ini mengatakan bahwa susu kambing memang bagus untuk orang-orang yang sedang menjalani diet tapi tetap ingin minum susu. “Susu kambing memiliki kandungan lemak yang jauh lebih sedikit dari pada susu sapi. Dengan kandungan lemak yang sedikit ini, bisa dijadikan pilihan untuk Sahabat Tani saat diet,” ujar pemilik brand Juragan Kambing Farm ini.

Baca juga: Tahap-Tahap Memeras Susu Kambing Secara Benar

Faktanya, memang susu kambing lebih bermanfaat daripada susu sapi atau kerbau. Alasannya, susu kambing memiliki 100 kalori, lemak 2,5 gram yang jauh lebih rendah daripada susu sapi atau kerbau. Jadi, jika Sahabat Tani ingin mencoba menurunkan berat badan, Sahabat Tani harus minum susu kambing.

“Setelah diperah, daya tahan sampai 2-3 hari kalau dikulkas. sementara kalau di freezer dapat lebih awet hingga 2-3 bulan. Tapi kita sih menyarankan untuk seminggu sudah diminum. Dan enaknya susu kambing ini adalah nggak perlu dimasak lagi bisa langsung diminum. Beda dengan susu sapi yang harus dimasak dulu karena masih mengandung bakteri. Sedangkan kalau susu kambing ini karena kadar laktosanya kecil jadi bisa langsung diminum,” tutur Risky.

Baca juga: Sejuta Manfaat Susu Kambing Etawa

Meskipun memiliki kandungan lemak yang jauh lebih sedikit, kandungan protein dan asam amino yang ada di dalam susu kambing ini masih setara jumlahnya dengan yang ada di dalam susu sapi. Dengan begitu, Sahabat Tani masih bisa berusaha menurunkan berat badan dengan susu kambing ini dan tentu saja menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain bisa untuk diet, masih banyak lagi sejumlah manfaat susu kambing. Susu kambing bisa sebagai sumber kalsium dan antioksidan, Mengobati anemia karena susu kambing yang dapat meningkatkan penggunaan zat besi dan meningkatkan pembaharuan hemoglobin.

Juga sebagai probiotik yang dapat membersihkan usus besar dari jamur dan bakteri yang dihasilkan oleh sisa makanan karean susu kambing cenderung lebih mudah diserap tubuh.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Related News