• 19 August 2022

Simak Rahasia Bikin Merak Makin Sehat

uploads/news/2022/01/ini-rahasia-merak-tetap-9156281b5fe9fc2.JPG

"Vitaminnya sendiri ramuan tradisional aja kaya kunyit yang di jadikan ekstrak, dijadiin air, trus nanti di campurin ke makanannya ke minumannya"

Sahabat Tani, siapa yang tidak menginginkan hewan peliharaan kesayangannya sehat dan dapat bertumbuh dengan baik ? Pasti semua menginginkannya bukan? Merawat hewan peliharaan dengan sepenuh hati, rasanya seperti sudah menyatu dengan diri kita. Tak tega hati melihat peliharaan kita terkulai lemas di kandang.

Bukan hanya hewan peliharaan saja yang lemas, kita pun sebagai pemilik yang merawatnya akan lemas ketika melihat peliharaan kesayangan kita sakit atau bahkan sampai meninggal. Agar tidak terjadi hal tersebut, Sahabat Tani dapat melakukan pencegahan. Caranya melalui perawatan dengan baik dan memperhatikan setiap makanan dan vitamin yang diberikan.

Jika dirawat dengan baik Merak dapat bertumbuh hingga Tujuh tahun lamanya loh Sahabat Tani. Pemilik Animalmarket.id bernama lengkap Bimasakti Yoga Pratama itu memberikan rahasianya agar merak tetap sehat dan bertumbuh dengan baik.

Baca juga: Kandang yang Ideal Untuk Merak

Karena termasuk sebagai keluarga ayam, makanan yang dikonsumsi oleh merak tidak jauh berbeda dengan ayam. Merak dapat diberi makan seperti pur ayam, sayur-sayuran, buah- buahan, dan juga serangga seperti ulat yang dapat membantu daya tahan tubuh si Merak sendiri.

"Kalau untuk makanan, dia sebenernya sama kaya ayam biasa, makan pur ayam biasa, ditambahin sayur-sayuran, buah-buahan, sama serangga kaya ulat gitu, itu bisa membantu daya tahan tubuh. Diberikannya sehari sekali aja," jelasnya.

Untuk vitamin juga perlu nih sahabat tani. Vitamin yang diberikan kepada Merak merupakan ramuan tradisional, yang terbuat dari kunyit dan rempah rempah lainnya, yang kemudian dijadikan ekstrak. Vitamin tersebut diberikan kepada Merak dengan cara dicampurkan ke dalam makanan dan minuman yang akan dikonsumsi Merak.

"Vitaminnya sendiri ramuan tradisional aja kaya kunyit yang di jadikan ekstrak, dijadiin air, trus nanti di campurin ke makanannya ke minumannya," katanya peternak Merak itu.

Baca juga: Jangan Tertukar Antara Serama dan Kate

Pastinya Sahabat Tani sudah tahu jika hewan unggas seperti Merak dapat terserang penyakit flu burung. Bima mengatakan bahwa, sebelum terserang penyakit perlu dilakukan vaksinasi yang dilakukan setahun sekali.

"Sebelum sakit harus divaksin setahun sekali, harus di suntikin satu satu, untuk daya tahan tubuh," ujarnya.

Bima mengatakan dalam pemberian Vaksin, takarannya tergantung usia pada Merak, dan jika tidak terbiasa memberikan Vaksin baiknya dilakukan di dokter.

"Untuk pencegahan flu burung bisa pakai ND-A1 takaran tergantung usia ayam, kalau belum terbiasa disarankan pake dokter, tapi kalau sudah terbiasa, bisa sendiri," tutupnya.

Related News