• 29 April 2024

Cara Membedakan Kecapi Matang dan Busuk

uploads/news/2022/03/cara-membedakan-kecapi-matang-38131ae2747cad7.jpg

Sahabat Tani, pasti tidak ingin sedang memakan buah kecapi tapi ternyata buah yang dimakan itu busuk atau sudah tidak layak. Lalu bagaimana cara membedakan buah Kecapi yang masih layak makan dan tidak? Setiap makanan pasti memiliki masa kadaluwarsa begitu juga dengan buah-buahan, akan ada saatnya buah membusuk dan tidak layak untuk dimakan.


Untuk cara mudah mengetahui kondisi buah kecapi yang layak dimakan, Tani sebagai penjual buah Kecapi mengatakan cara memilih agar tidak salah pilih. Berdasarkan warna kulitnya, buah Kecapi yang belum masak akan berwarna hijau, sedangkan ketika sudah masak warnanya akan berubah menjadi kuning.

 

Baca juga: Mengenal Buah Kecapi yang Mulai Langka

Agar lebih higienis, apabila buah kecapi yang sudah masak sebaiknya langsung dicuci hingga bersih lalu disimpan dalam ruangan. “Lebih baik ketika buahnya matang langsung dicuci dan dimakan. Tapi kalau mau disimpan letakan di dalam suhu ruang,” jelas Tani.

Buah Kecapi juga bisa disimpan di kulkas, tetapi baiknya jika kulit Kecapi dikupas terlebih dahulu lalu simpan dalam wadah tertutup. "Biasanya kalau sudah empat hari disimpan warnanya akan beda dan sudah tidak layak dijual. Tapi kalau untuk dimakan sendiri, bagi saya mungkin bisa karena masih enak saja," tambah Tani.

Untuk buah yang sudah dikupas dan disimpan dalam kulkas biasanya akan bertahan selama satu minggu. Namun, semakin buah ini masak akan semakin cepat juga masa waktu untuk konsumsi. Bagi yang tidak memiliki kulkas, tidak masalah karena buah ini juga bisa disimpan dimana saja agar bertahan lama.

“Kecapi itu tahan selama 4-5 hari paling lama seminggu. Semakin matang buahnya maka harus cepat untuk dikonsumsi, kalau tidak Kecapi akan busuk,” ujar Tani.

Saat sudah mulai membusuk dan tidak layak makan, kulit Kecapi dan dalam dagingnya akan berubah warna menjadi hitam. Buah ini akan mengeluarkan bau tak sedap. "Akan ada ulat kecil juga di dalam Kecapi ini dan baunya menjadi tidak sedap. Biasanya ini akan terjadi ketika Kecapi disimpan selama seminggu lebih,” tutup Pria pecinta buah langka ini.

Baca juga: Cara membedakan Rambutan Rapiah

Jika ingin memperpanjang masa konsumsi, kecapi bisa dijadikan olahan seperti permen, manisan, jeli, selai atau diawetkan. Untuk menyimpan selai Kecapi bisa diletakan dalam wadah atau botol kaca yang ditutup rapat. Lalu simpan kedalam kulkas atau bisa diletakan dimana saja asal berada dalam ruangan.


Setelah Sahabat Tani mengetahui perbedaan ciri buah kecapi yang telah matang atau busuk, diharapkan dapat menjaga sehingga memperpanjang usia layak konsumsi dari buah yang semakin langka ini.

 

Related News