• 19 August 2022

Ciri dan Karakter Iguana Siap Kawin

uploads/news/2022/03/ciri-dan-karakter-iguana-924140e6451dfd6.jpg

Cukup banyak penghobi yang memelihara Iguana, dan tentunya membuat beberapa penghobi ingin mengembangbiakan atau membudidayakan Iguana. Selain dapat melestarikan kelangsungan hidup hewan reptil. keuntungan juga dapat diraih karena banyak yang ingin mencari iguana.

Iguana mempunyai keunikan beragam dengan spesies yang berbeda-beda. Namun sebelum dikembangbiakan, sebagai penghobi harus mengetahui spesies apa yang sedang ramai diperjual belikan.

Simak penjelasan Andhika penghobi dan penjual Iguana akan menjelaskan ciri pada Iguana yang siap kawin.

Baca juga: Cara mudah merawat Iguana 

"Sebelum mengawinkan Iguana harus tau ciri yang siap kawin itu seperti apa. Ciri bagi jantan biasanya saat musim kawin dia akan menjadi galak, nah ciri ini harus diketahui sama pemelihara dan segera carikan betina yang siap kawin. Untuk betina yang siap kawin biasanya telah umur di atas satu tahun dengan ukuran minimal 90 cm," jelasnya

Selanjutnya, waktu yang harus dipastikan dalam perkawinan iguana. "Memang waktunya tidak menentu untuk perkawinan Iguana, kadang Iguana saya bulan januari dan februari. Tapi tidak bisa jadi patokan, bisa juga diluar musim kawin. Tempat untuk kawin tentunya dipisah ya, dan jadikan tempat tersebut nyaman bagi betina dan jantan Iguana yang siap kawin," ujar Andhika

Saat ini perkembangbiakan Iguana menurun, sebab harga pasaran Iguana tidak seperti awal maraknya memelihara hewan ini. Namun, kesempatan bagi pemula yang belum mencoba memelihara dapat mencobanya dengan harga yang standar.

"Iguana sekali nelur bisa 25 sampai 40 lebih butir telur. Banyak dikitnya telur Iguana tergantung ukuran dari indukan betinanya, semakin gede semakin banyak telurnya. 60 samapi 70 hari sekitar 2 bulanan netes telurnya, dan menetasnya itu tidak berbarengan. Setelah menetas, nanti dia akan keluar sendiri dari cangkangnya. Harga tergantung kualitas dari Iguana, saya biasa jual 200 ribu untuk baby Iguana," tutupnya

Sebelum kawin Iguana jantan dan betina diusahakan untuk satu kandang, agar dapat beradaptasi. Jika betina merasa tidak nyaman ia akan berontak saat produksi, namun hal ini dapat dicegah dengan cara menutupkan bagian kepala Iguana betina. Cara ini digunakan agar betina tidak berontak dan produksi saat mengawinkan lancar.

Baca juga: Cara bedakan iguana jantan dan betina

Mengawinkan Iguana butuh ketelatenan, butuh pengenalan diantara jantan dan betina. Belum tentu diantara keduanya ingin kawin, sebagai pemelihara harus mengetahui karakter saat Iguana ingin kawin dan musim saat ia kawin. Jadi, bagaimana Sahabat Tani? Sudah mengetahui ciri dari Iguana yang ingin kawin?

Related News