• 16 June 2024

Cara Bedakan Iguana Jantan & Betina

uploads/news/2022/03/cara-bedakan-iguana-jantan-41152255e1cc96d.jpg

Dengan beragam keunikan Iguana membuat cukup banyak penghobi yang ingin memeliharanya. Salah satunya dengan beragam warna dan spesies dari 45 spesies. Terlebih lagi, perawatan Iguana yang mudah, membuat para pemula penasaran ingin memiliki hewan eksotis dan tidak membahayakan.

Jika dilihat secara fisik, Iguana mempunyai ciri khas jengger di bawah leher dan duri di atas punggung pada sepanjang tubuhnya. Namun, jika ingin mengetahui perbedaan antara jantan dan betina pada Iguana, Sahabat Tani dapat menyimak penjelasan Andhika penghobi dan penjual Iguana.

"Gampang kalau mau lihat jenis kelamin iguana, mau dilihat secara fisik juga bisa asal teliti. Ukuran kecil sih rada susah buat bedain iguana, paling ukuran juve menuju dewasa baru terlihat kalau mau dilihat kelaminnya," jelas Andhika.

Baca juga: Mengetahui penyakit Iguana dan cara mengatasinya

Bagi para pemula perlu diketahui jika ingin membedakan antara jantan dan betina, dapat dilihat dari usia dan kematangan seksual. Hal ini ukuran pada tubuh Iguana sangat mempengaruhi.

"Ukuran tubuh yang besar, berlemak dibagian leher, kepala lebih besar, dan tubuhnya lebih berat biasanya dominannya jantan. Kalau iguana betina ukuran tubuhnya ramping mulai dari kepala hingga tubuhnya, dan tubuhnya juga tidak seberat iguana jantan. Kemudian, bagian femoral yang terletak pada kaki bagian bawah dekat dengan buntut ada titik-titik. Kalau titik-titik tersebut menonjol biasanya dia jantan, kalau tidak menonjol berarti iguana betina," ujarnya

Memang jika dilihat secara sekilas, Iguana betina dengan jantan tidak memiliki perbedaan. Tetapi apabila diteliti dan dilihat secara detail pada hewan ini, tentunya terdapat perbedaan dari keduanya.

Baca juga: Jenis Iguana yang layak dipelihara pemula

"Karakter pada iguana jantan akan agresif, kalau waktunya udah kawin, saat didekatin juga pasti menjauh. Begitu pula dengan iguana betina yang akan agresif saat akan bertelur, pasti akan mencari tanah yang terkena sinar matahari untuk digali menjadi lubang. Setelah bertelur, iguana betina menutupi telurnya dan meninggalkan. Tapi biasanya saya ambilin telurnya, saya taruh di kandang dan lampu agar menetas bersamaan," tutupnya

Jadi, bagaimana Sahabat Tani? Sudah mengetahui perbedaan jenis kelamin dari jantan dan betina pada Iguana?

Related News