• 29 April 2024

Tips Mencetak Pattern Pada Gecko

uploads/news/2022/04/tips-mencetak-pattern-pada-782044342101861.jpeg

Leopard Gecko salah satu hewan reptil yang banyak diminati masyarakat. Hewan yang memiliki beragam corak dan warna kulit yang indah, menjadi daya tarik di mata para pecinta reptil. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa hewan reptil itu ganas, namun pada kenyataannya tidak semua reptil itu ganas.

Leopard Gecko memiliki 3 macam jenis albino, yang pertama Tremper (Texas Albino) yang ditermukan oleh Ron Tremper pada tahun 1996, kedua Rainwater (Las Vegas Albino) ditemukan oleh tim rainwater di tahun 1998, dan yang ketiga Bell (Florida Albino) yang ditemukan pertama kali oleh Mark Bell. Dari tiga jenis leopard gecko terdapat salah satu yang menarik jika dijadikan gecko dengan corak pattern.

 Baca jugahttps://jagadtani.com/read/3002/mengenal-leopard-gecko-rainwater-albino

Seperti Refo, pemilik lensa reptile yang berhasil menjadikan leopard gecko bell albino memiliki pattern yang menarik seperti pattern salib dan pattern smile dengan beberapa proses. Meskipun sama seperti leopard gecko lainnya namun untuk harga berbeda. Ia juga tidak hanya mencetak pattern gecko saja namun ada juga yang lainya.

“Geckonya sama aja tapi yang berbeda itu harganya, biasanya dijual kisaran 2 juta sampai 10jutaan. Karena ada beberapa penghobi ada yang suka panjang-panjangan karena semakin panjang semakin mahal, ada juga yang suka morph, karena ada juga beberapa morp mahal, satu lagi dari keunikan pattern geckonnya,” ujar Refo kepada tim Jagadtani.com

Kata Refo, pattern gecko bisa ditentukan, ingin pattern salib atau pattern mail itu ada prosesnya. “Prosesnya disebut selective breeding, yang mana antara pattern A di kawinkan dengan pattern B nanti akan menghasilkan kurang lebih 15 ekor anakan gecko, dari hasil itu disortir kembali untuk dipilih yang benar memiliki keunikan, nantinya akan dikawinkan lagi sama Bapak atau ibunya, bahkan bisa juga dikawinkan dengan kakaknya, untuk memperkuat lagi hasil patternnya,” jelas pria 24 tahun itu.

 Baca jugahttps://jagadtani.com/read/1441/cara-memelihara-gecko-bagi-pemula

Keunikan pada pattern gecko menjadi salah satu yang bisa membuatnya mahal dan diminati banyak masyarakat. Namun, pada umumnya hewan jika dikawinkan dengan sedarah tidak akan menghasilkan anakan yang bagus, tapi tidak untuk gecko. Karena di gecko atau kebanyakan hewan itu dengan istilah F1,F2,F3,F4.

“Untuk gecko sendiri lebih bagus keturunan F1 dikawinkan dengan F1 juga, yang nantinya jadi F2, kalau bisa jangan lebih dari F3 karena nanti bisa jadi jenuh genetik atau cacat,’ tutup Refo

 

Related News