• 25 April 2024

Penjualan Kambing Meningkat Jelang Lebaran

uploads/news/2022/04/penjualan-kambing-meningkat-jelang-1907785c1b32d97.jpg

Menjelang hari raya idul fitri masyarakat berbondong-bondong berburu kebutuhan hari raya seperti pakaian hingga makanan. Namun ternyata, tak hanya penjualan pakaian yang meningkat tetapi penjualan hewan ternak seperti kambing juga meningkat loh Sahabat Tani. Hal ini diakui oleh Wahyu Susanto, peternak kambing asal Pamulang, Tangerang Selatan.

“Alhamdulillah penjualan ada peningkatan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Justru di bulan Ramadhan ini ada peningkatan karena mungkin orang-orang pada stok buat kurban nanti,” ungkapnya kepada Jagadtani.com melalui pesan singkat.

Baca juga: Tips Memilih Hewan Kurban Terbaik

Wahyu pun sedikit kaget sekaligus senang dengan meningkatnya penjualan karena memang biasanya, kebutuhan akan hewan kurban, seperti sapi, kambing dan domba atau kerbau, dengan spesifikasi sesuai dengan persyaratan dalam Islam, baru meningkat menjelang Idul Adha. "Untuk saat ini memang harga kambing masih murah, kalau di Wahyu Farm paling murah itu sekitar 1,6 juta nah nant8i menjelang Idul Adha harga segitu bisa jadi 2-2,8 juta," papar Wahyu.

Baca juga: Hewan Paling Utama Untuk Kurban

Pria asal Bandung itu juga mengatakan saat ini ia sudah menerima pesanan yang lumayan banyak dari para pelanggannya. “Sekarang sudah masuk banyak pemesanan, ada yang satu orang 42 ekor, ada yang 13 ekor, dan 28 ekor. Plus sudah ada masuk pemesanan untuk lebaran haji, dan ada juga yang beli satu atau dua ekor,” ujarnya. Di Wahyu Farm sendiri Sahabat Tani bisa menitipkan kambing yang sudah dibeli. "Kalau seandainya mau dititipkan disini dulu bisa, nanti pembeli tinggal bayar uang pakannya sehari cuma Rp.5 ribu," Kata Wahyu.

Baca juga: Fakta Dibalik Konsumsi Daging Kambing

Penjualan yang meningkat tak lepas dari faktor harga yang memang sedang turun pada saat bulan Ramadhan. Maka dari itu banyak masyarakat yang memilih pesan kambing pilihannya dari sekarang ketimbang menjelang Idul Adha nanti. “Mungkin karena saat ini harga kambing lagi murah jadi pada milih pesannya dari sekarang, karena ada beberapa juga yang pesan satu dua ekor untuk pemula yang baru mau mulai kurban,” tambah Wahyu.

Related News