• 25 April 2024

Langkah Mudah Menangani Ular Masuk Rumah

uploads/news/2022/04/langkah-mudah-menangani-ular-5226600c1f8bad4.jpg

Banyak pendapat yang mengatakan ular hewan menyeramkan. Alhasil, ular termasuk hewan reptil yang banyak ditakuti oleh banyak orang, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Penyebabnya ular cukup ditakuti karena memiliki 'Bisa' atau racun yang mematikan, walau tidak semua ular memiliki bisa mematikan lho.

Hewan yang tidak memiliki kaki dan bersisik ini adalah hewan karnivora. Selain tikus, serangga kecil pun dapat dimakan oleh ular. Sebab ular akan menjadikan mangsa disekelilingnya.

Baca juga: Prospek menjanjikan dari ternak jangkrik

Dengan julukan ditakuti dan menyeramkan apabila hewan reptil satu ini masuk ke dalam rumah sudah dipastikan penghuni rumah tidak ingin menanganinya. Sebab gigitan ular mempunyai racun atau bisa yang dapat mematikan. 

Jika Sahabat Tani menemui ular yang sudah berada di dalam rumah, apa yang akan Sahabat Tani lakukan? Menangani terlebih dahulu atau membiarkan ular tersebut bergerak dan mencari tempat aman?

Kita sebagai pemilik rumah jika mempunyai keberanian juga dapat mengamankan ular agar tidak terlalu lama didalam rumah. Simak penjelasan Andhika penghobi dan team rescuer Bintaro.

"Sebenarnya bisa ditangani sendiri apabila ular masuk ke rumah tapi kalau berani, kalau tidak lebih baik tunggu petugas damkar aja. Ular kalau kita tidak memberi provokasi atau sesuatu yang mengancam dia tidak akan melawan. Terkadang ia mau numpang lewat, tapi kita suka takut duluan mau jauhin ularnya. Nah ular ngerasa terancam tuh kalau dia udah begitu jadinya dia nyerang," tegas Andhika

Sebagai penghuni, saat melihat ular memasuki rumah jangan menimbulkan rasa panik. Usahakan langsung mencari solusi agar ular tidak menyerang.

"Cari barang yang sekiranya sesuai dengan ukuran tubuh ular. Jika ular yang cukup besar gunakan sapu, pengki dan tong sampah, setelah itu masukin ke karung. Tapi kalau ularnya kecil bisa pake botol atau toples. Yang sekiranya bendanya ada dirumah digunakan aja. Kalau tidak berani dipantau aja ularnya dia mengamankan diri di mana, biar tim rescuer atau petugas damkar yang nanganin," jelas Andhika

Menangani ular di dalam rumah sendiri mempunyai kelebihan seperti mencegah pergerakan ular ke tempat yang tidak dapat dijangkau. Tetapi kewaspadaan disaat menangani ular perlu diperhatikan, jika tidak akan terkena gigitannya.

Penaburan pada garam juga tidak disarankan, sebab ular tidak seperti cacing. Sisik pada ular berbeda dengan cacing, jadi penaburan garam untuk mengatasi terhindarnya dari ular tentu saja tidak berpengaruh apa-apa.

Baca juga : 3 langkah menangkal ular masuk rumah

Dan yang paling penting, Sahabat Tani wajib memantau pergerakan ular saat di dalam rumah, ular dapat bersembunyi di tempat sempit. Jadi jangan sampai lengah dan ular menghilang dari pantauan sehingga akan menyulitkan untuk di tanggap.

Jadi, Bagaimana Sahabat Tani, tertarik untuk mencoba menangani ular di dalam rumah sendiri?

Related News