• 29 April 2024

3 Langkah Menangkal Ular Masuk Rumah

uploads/news/2022/04/3-langkah-menangkal-ular-73568414ed43ede.jpg

Sebagai hewan eksotis, ular tetap menjadi salah satu satwa yang sangat ditakuti oleh sebagaian masyarakat. Saat mengetahui ular berada di sekitar pekarangan atau bahkan masuk di dalam rumah, tentu sang pemilik rumah akan khawatir. Terlebih ketika ular yang masuk ke dalam rumah, hilang secara mendadak. Tentu sangat menyulitkan untuk mencari tahu posisi ular ini agar tidak membahayakan keluarga. Simak cara menangkal ular masuk ke dalam rumah.

Sebelum mengetahui cara menangkal ular masuk ke dalam rumah, ketahui tentang musim kawin ular yang biasanya terjadi di puncak kemarau dan akan bertelur 2 sampai 3 bulan sebelum musim penghujan. Telur tersebut akan menetas di awal musim penghujan dan sehingga mudah sekali ditemukan ular kecil pada waktu tersebut.

Baca juga: Cara mengatasi Aeromonas, penyakit Lele

Kebiasaan ular bertelur lebih dari satu butir sehingga dapat dipastikan, jika telah mengetahui ada satu ekor ular berukuran kecil. Maka sangat mungkin ular tersebut memiliki 'sanak-famili'. Jadi ketika menemukan ular dalam rumah, tidak ada salahnya anda memeriksa kembali kondisi rumah Sahabat Tani.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan Andhika pemelihara dan penghobi ular agar rumah terhindar dari satwa melata ini.

1. Membersihkan Lingkungan Sekitar Rumah

Lingkungan rumah sangat penting bagi kita berlindung diri dari segala bahaya di luar. Namun, tidak salah jika kita sebagai pemilik rumah menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar ular yang ingin memasuki rumah.

"Ular itu suka dengan tempat lembab, jadi disarankan jangan menumpuk barang atau sampah yang terlalu banyak yang membuat ular bersarang di tempat lembab dan kotor terutama di musim penghujan," jelas Andhika

2. Hindari Penumpukan Barang Untuk Bersarangnya Tikus

Hal ini dapat mengakibatkan penumpukan barang yang berlebihan akan menjadikan tikus bersembunyi dibarang-barang tersebut.

"Karena tikus adalah salah satu makanan utama ular, dan ular ini mampu mendeteksi keberadaan mangsanya dengan jarak puluhan meter. Perlu diperhatikan, barang di rumah yang tidak terpakai sebaiknya dibersihkan saja," tegas Andhika

3. Taburkan Kapur Barus

Kapur barus adalah salah satu pencegahan agar ular tidak memasuki tempat tinggal. Penempatan kapur barus juga perlu diperhatikan.

"Taburan kapur barus ini disarankan di taruh yang besar kemungkinannya dilalui ular. Ular tidak suka dengan bau menyengat karena dapat mengacaukan saraf sensor pada lidah, hidung, dan otak. Sensor ini adalah peran utama untuk mendeteksi keberadaan mangsa. Dan dapat menyesuaikan tempat tinggal yang nyaman baginya. Kapur barus juga dapat mengusir tikus dari rumah,"

Tetap jaga kebersihan rumah yang ditempati meskipun pencegahan yang dilakukan sudah sesuai, tidak salahnya sebagai penghuni rumah menjaga dan merawat rumah agar terhindar dari ular yang ingin memasuki rumah.

Baca juga: Tegu, kadal terbesar di dunia dari Argentina

Lingkungan rumah yang asri dan bersih terhindar dari ular yang ingin memasuki dan bersarang dirumah. Tetapi sebaliknya, jika lingkungan rumah kotor akan mengundang perhatian ular yang ingin bersarang.

Bagaimana Sahabat Tani, sudah mengetahui pencegahan agar ular tidak memasuki rumah?

Related News