• 29 April 2024

Mengetahui Pemberian Pola Makan Bearded Dragon

uploads/news/2022/04/mengetahui-pemberian-pola-makan-92994e473ceb318.JPG

“Bearded Dragon memiliki pola makan yang berubah-rubah menyesuaikan pertumbuhannya,”

Sahabat Tani, memiliki hewan peliharaan sangatlah menyenangkan. Kebanyakan orang memelihara hewan untuk dijadikan teman ataupun dijadikan koleksi. Sahabat Tani tahu tidak, kalau ternyata memiliki hewan peliharaan memiliki manfaat bagi kita, seperti melepas stress, menghilangkan lelah, mengurangi kejenuhan, dan menghilangkan depresi.

Wah, lumayan banyak manfaatnya ya Sahabat Tani, setidaknya dengan memiliki hewan peliharaan, beban hidup kita berkurang. Tetapi dalam merawat peliharaan, kita harus memperhatikannya seperti dalam hal memberi makan.

Baca juga: Bearded Dragon, Reptil Idaman Kolektor

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup yaitu, makanan. Asupan makanan untuk hewan peliharaan atau bahkan tanaman kita, harus diperhatikan. Selain, karena untuk pertumbuhan, makanan juga dapat menjadi sumber penyakit, itu mengapa pentingnya memperhatikan makanan bagi hewan peliharaan.

Setelah kemarin membahas mengenai bentuk tubuh Bearded Dragon dan cara perawatannya, kali ini Team Jagadtani akan membahas menganai makanan Kadal terjinak ini. Yuk kita simak penjelasan dari Edward selauku pemilik Bearded Dragon, yang ditemui di Mall@Alam Sutra ini.

“Kalau untuk makanan, Bearded Dragon sedikit memiliki perbedaan, walaupun sebenarnya dia ini Kadal,” ujarnya.

Jika Kadal dapat diberi makanan berupa satu jenis makanan yaitu Jangkrik, berbeda dengan Bearded Dragon yang dapat dikatakan sebagai hewan Omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan.

“Bearded Dragon ini dia makannya berubah-rubah setiap pertumbuhan,” katanya.

Edward mengatakan bahwa Bearded Dragon ini sebenarnya juga memakan Jangkrik, tapi dia juga dapat memakan sayuran. Makanan diberikan tidak sepenuhnya Hewani dan Tumbuhan.

“Makannya Jangkrik dan Sayur, Tapi kalau ukurannya kecil kaya begini 70% serangga 30% sayuran” ujarnya.

Dan pemberian makanan pada Bearded Dragon akan berubah jika saat ukurannya bertambah. Dalam asupan makanan Bearded Dragon, serangga harus lebih banyak dari pada sayuran.

“Karena ini usia nya semi dewasa atau self adult, jadi dia butuh 70% sayuran dan 30% serangga” jelasnya.

Ketika usianya sudah beranjak dewasa Bearded Dragon akan lebih banyak memakan Sayuran. “Nah nanti kalau sudah gede atau adult, maka komposisi asupannya menjadi 80% hingga 90% sayuran,” katanya.

Baca juga : Cara memelihara Bearded Dragon, reptil asli kadal Australia

Unik ya Sahabat Tani sistem pemberian makanan Bearded Dragon. Jadi jika Sahabat Tani ingin memelihara Bearded Dragon jangan sampai keliru dalam pemberian makanan Bearded Dragon yaa. Agar Bearded Dragon tetap sehat dan berumur panjang. Sehingga dapat terus menjadi teman Sahabat Tani.

Perlu diingat Sahabat Tani, selain makanan, perawatan lainnya juga sangat diperlukan oleh Bearded Dragon. Seperti yang telah Team Jagadtani bahas pada artikel sebelumnya.

Related News