• 6 October 2022

22tahun WI Bird Farm Hasilkan Perkutut Berkualitas

Berawal dari ketertarikannya memelihara burung perkutut, kini justru memiliki peternakan burung perkutut sebanyak 81 kandang. Dan hasil penangkaran dari WI Bird Farm yang selalu dijaga kualitasnya, terbukti dengan berbagai gelar juara di tingkat nasional maupun regional. Alhasil, hasil ternak WI Bird Farm cukup diburu oleh penghobi burung perkutut.


Untuk menjaga kualitas burung yang kerap meraih gelar juara, Iwan sebagai pemilik WI Bird Farm memastikan indukan memiliki karakter, trah hingga katuragan bagus. Dalam menjaga kualitas burung perkutut telah dilakukan Iwan selama 22 tahun silam.

Baca juga : Simbar Menjangan jadi andalan Blooming Nursery


"Awalnya tahun 1998 mulai tertarik memelihara perkutut, memasuki tahun 2000 akhirnya memutuskan memulai berternak perkutut. Keinginan berternak perkutut setelah mendapatkan pelatihan. Awalnya hanya empat pasang dengan membuat kandang di atas rumah dan berlanjut hingga ada 81 kandang secara bertahap."


Untuk berternak perkutut atau hewan lainnya membutuhkan perhatian khusus. Begitu pula dengan yang dilakukan Iwan. Dirinya mengakui lokasi yang kini digunakan merupakan awal untuk fokus pada berternak burung perkutut. WI Bird Farm merupakan peternakan burung perkutut yang berada di daerah Tapos, Depok - Jawa Barat.


Dalam menjaga kualitas burung perkutut hasil ternakan WI Bird Farm, Iwan mengatakan ada banyak faktor yang harus diperhatikan. "Pertama adalah materi indukan harus dijaga, paling tidak perkutut yang sudah usia tertentu harus diganti dengan yang baru. Namun tetap harus memperhatikan banyak faktor. Kita juga harus mengetahui dengan jelas asal-usul dari perkutut yang dijadikan indukan."


Faktor yang diperhatikan dalam mendapatkan indukan adalah suara yang bagus dari bagian awal, tengah hingga akhirnya. Begitu pula dasar suara dan iramanya. Setelah memenuhi syarat, mulai dilihat katuragan, jepit udang, kehalusan bulu dan lainnya. "Walau demikian, tetap saja ada anak perkutut yang tidak menuruni trah dari indukannya. Namun paling tidak dengan berusaha memulai dari indukan yang bagus, harapannya mendapatkan anakan perkutut berkualitas."

Baca juga: Vaksinasi PMK nasional telah dimulai


Untuk range harga burung perkutut hasil penangkaran WI Bird Farm tersedia dalam model paketan dan satuan. Untuk paketan mulai dari Rp3 juta hingga Rp5 juta untuk sepuluh ekor. Sedangkan untuk satuan mulai dari Rp3 juta hingga Rp10 juta. Tetapi juga ada yang nilainya puluhan juta maupun ratusan juta rupiah. Tentunya harga tersebut tergantung kualitas dan prestasi yang pernah diraihnya.


Bagi Sahabat Tani yang ingin mendapatkan perkutut berkualitas hasil ternakan WI Bird Farm, langsung saja kontak Iwan Wi sebagai pemilik dan juga menjabat Wakil Sekjen di kepengurusan organisasi burung perkutut yang telah berdiri sejak 1950.

Related News