• 26 April 2024

Budidaya Tembakau Asepan Grompol Jatim Menjanjikan

Jagadtani - Budidaya tanaman tembakau sangat menjanjikan. Ada banyak jenis tembakau yang bisa menjadi pilihan usaha. Salah satunya tembakau asepan grompol jatim yang hasilnya cukup menggiurkan.

Juwandi, petani tembakau asal Desa Karangpakel, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengatakan, tembakau asepan grompol jatim merupakan tembakau berkualitas dan memiliki peluang pasar ekspor. Tembakau jenis ini biasa digunakan untuk filler atau pengisi cerutu.

Baca juga: Sarapan Dengan Sereal dari Kacang Bogor 

"Ini yang saya tanam tembakau asepan grompol jatim yang memiliki pangsa pasar ekspor, seperti di Eropa dan Amerika. Tembakau asepan grompol jatim berkualitas bagus dan digunakan untuk filler atau pengisi cerutu," ujarnya, Minggu (11/9/2022).

Pada musim tanam kali ini, Juwandi menanam tembakau asepan grompol jatim di lahan seluas 10 hektar. Soal potensi hasil panen, ia menargetkan bisa menghasilkan 50 ton daun tembakau kering. Untuk pasar, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan lokal maupun asing.

"Melalui kerja sama ini saya memiliki kepastian pasar untuk memasok daun tembakau dari tanaman yang sudah ditanam, kali ini bisa menghasilkan hasil panen lebih banyak," ujarnya.

Terkait harga jual, Juwandi memperkirakan harga daun tembakau kering bisa lebih tinggi jika varietas tembakau unggulan. Rata-rata bisa mencapai Rp 40.000 per kilogram. Jika sesuai harga itu maka omzet bisa menembus Rp 2 miliar.

"Pasar tembakau asepan hingga kini masih terbuka lebar. Seperti tembakau yang ditanam di wilayah Kabupaten Klaten ini berkualitas bagus sehingga banyak dicari pembeli dari luar negeri," imbuhnya.bm, sepert pada Isuzu Traga.
Isuzu Traga terkini telah mengadopsi teknologi mesin Common Rail 4 silinder berkapasitas 2.500cc.

Isuzu Traga yang memiliki daya angkut terbesar di kelasnya berdimensi panjang 2.8 m dan lebar 1.6 m. Secara kapasitas dapat mengangkut lebih dari 1 ton.

Baca juga: Tingkatkan Hasil Rumput Laut Dengan Kultur Jaringan

Saat membawa hasil panen menggunakan Isuzu Traga, dipastikan Sahabat Tani tetap merasakan nyaman melalui berbagai medan. Hal ini berkat suspensi model double wishbone with coil spring di bagian depan dan model per daun pada belakang.

Dan yang pasti Isuzu Traga tidak masalah ketika harus melakukan manuver di jalan sempit. Dengan Radius putar 4,5 meter tentu membuat Traga tergolong lincah di kelasnya, padahal dimensinya paling besar.

Related News