• 6 October 2022

Tips Pemeliharaan Ikan Koi Anti Gagal  

Peluang usaha dibidang sektor perikanan memiliki potensi yang sangat besar. Berbagai jenis ikan masyarakat budidayakan mulai dari yang kecil hingga yang besar. Salah satunya ikan koi, ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi serta menjadi favorit masyarakat untuk dipelihara. Dimana memelihara ikan koi dapat mendatangkan keuntungan tersendiri.

Keindahan warna ikan koi yang membuatnya tidak jarang membuat ikan cantik ini banyak dicari pecinta ikan hias, dengan dibandrol harga mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Dibalik kecantikannya, ada pemeliharaan dan perawatan yang baik untuk ikan koi. Menurut Alex Apriyansyah, Kepala Staff Nusantara Nishikigoi Goldfish Center (NNGC) di Jl. Raya Bogor No.2, Nanggewer Mekar, Cibinong, Bogor, memiliki berbagai jenis lokal maupun import dengan kualitas yang beragam.

Kata Alex, NNGC juga memiliki ikan-ikan import jepang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dan memiliki warna yang lebih finish dari ikan koi lokal.

“Pengalaman saya ikan koi import bisa lebih keker badannya kedua warnya akan lebih finish dan bobot sama sizenya itu lebih berat dari ikan lokal. Tapi sebetulnya ikan lokal juga sekarang bisa membandingi ikan import, karena breeding-breeding kita dari peternak itu sudah mulai maju, dalam artian ikal local itu bisa menghasilkan ikan lokal yang berkualitas. Seperti dalam jenis-jenisnya yang termasuk satu kelompok Namanya gosanke, yang terbagi menjadi tiga Kohaku, Showa, dan Sanke.” Ujar Alex saat di wawancarai tim Jagadtani

Baca juga : Peluang Usaha Budidaya Ikan Koi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti ikan import, pemeliharaan ikan koi lokal harus mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Pemeliharaannya cukup mudah, dengan menyediakan tempat yang sesuai. Pemeliharaan ikan koi bukan saja pelihara ikannya, tapi airnya. Kalau sudah pelihara air bagus maka ikan koi itu akan sehat, dan jika sudah sehat ikan koi tersebut dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Biasanya masyarakat yang masih ragu-ragu untuk memelihara ikan koi perlu mengetahui terlebih dahulu ilmunya. Karena jika kita sudah mengetahui ilmunya pasti akan mudah untuk menjalankannya.

Baca juga : Jenis Jenis Ikan Koi Terpopuler

Maka dari itu, Alex membagikan tips mudah memelihara ikan koi

“Untuk memelihara ikan koi pertama harus menyediakan sarana dan prasarananya serta ilmu, kedua perawatan kolam ikan koi harus bagus dengan media tanaman yang sesuai dan jangan sampai telat dalam pengurasannya, ketiga selalu mengontrol kondisi ikan, mulai dari pompa airnya, suhu air, dan juga pemberian pakan yang tidak boleh telat. Jika itu semua dilakukan maka ikan koi akan tumbuh berkembang dengan bagus.” Tutup Alex 

Related News