• 6 December 2022

Tak Tertandingi, Muatan Panen Isuzu Traga

'Keunggulan Isuzu Traga tidak perlu diragukan dalam menampung berbagai jenis hasil panen, termasuk ikan lele. Isuzu Traga dapat menampung ikan lele dengan berat lebih dari satu ton. Ikan lele termasuk ikan air tawar dengan kandungan protein tinggi yang tidak kalah dari ikan laut.'

Setiap peternak maupun pembudidaya membutuhkan kendaraan yang dapat menampung hasil panennya untuk dibawa ke pembeli atau pasar berkapasitas besar. Kemampuan dari mobil niaga atau komersial juga wajib dapat melibas medan berkontur di daerah pelosok. Isuzu Traga berhasil menjawab semua kebutuhan tersebut. Muatan ikan lele lebih dari satu ton yang harus diangkut melalui medan terjal dan sempit, bukan kendala bagi Isuzu Traga.

 

Pengujian kemampuan Isuzu Traga telah tim Jagadtani buktikan secara langsung dengan mengangkut hasil panen milik dari Ahmad Yani, seorang pebisnis ikan lele di daerah Parung, Bogor – Jawa Barat. Sebenarnya Ahmad Yani yang kerap dipanggil Jenderal mengawali bisnis menyewakan permainan anak-anak di pasar malam, namun Pandemi Covid-19 membuat usahanya meredup.

 Baca juga: Kampung GADIS penuh Inovasi dan Ramah Lingkungan

“Sebelum menekuni bisnis ikan air tawar, saya usaha menyewakan permainan anak – anak di pasar malam, semenjak pembatasan akibat Covid-19 jadi harus berhenti. Beruntung keluarga dari mertua menekuni usaha ikan, akhirnya saya ikutan sejak tiga tahun lalu,” ungkap Ahmad Yani yang mengakui keunggulan Isuzu Traga dibanding pesaingnya.

 

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa daerah Parung – Bogor memang termasuk lumbung perternakan ikan air tawar (Ikan hias dan Ikan konsumsi). Bahkan pasar ikan hias Parung, termasuk pasar ikan hias terbesar di Asia Tenggara. Hal ini yang membuat Ahmad Yani juga menekuni bisnis ikan konsumsi dan menjadi pembudidaya ikan hias.

 

Untuk bisnis ikan konsumsi, khususnya ikan lele tentu membutuhkan kendaraan komersial yang dapat mengangkut hasil panennya. Jika daya angkut mobil hanya terbatas, tentu membutuhkan lebih dari satu mobil atau minimal harus mondar-mandir. Namun bila jarak tempuh cukup jauh, tentu berujung membengkaknya ongkos produksi. Padahal harga ikan lele tidak bisa diubah mengikuti pengeluaran produksi.

 Baca juga: Ikan Hias Indonesia Makin Diminati Dunia

Isuzu Traga menjawab kebutuhan peternak maupun pebisnis ikan seperti Ahmad Yani, kemampuan daya angkutnya dapat lebih dari satu ton. Memang ikan lele yang diangkut memiliki bobot satu ton atau 1.000kg, namun itu belum termasuk air pada sembilan drum plastik sebagai tempat penampungan ikan lele. Tentu jika diperhitungan lebih detail, beban yang diangkut Isuzu Traga lebih dari satu ton.

 

Secara perbandingan dengan competitor, tentu Isuzu Traga sangat unggul. Terlebih dimensi Isuzu Traga memiliki panjang 4.520mm dengan lebar 1.750mm dan tinggi 1.985mm dengan luas kargo 4,6 meter persegi dapat menampung Sembilan buah drum plastik. Sedangkan competitor terdekatnya hanya dapat membawa enam buah.

 

Selain unggul dalam daya angkut, ketangguhan mesin Isuzu Traga tak perlu diragunakan lagi. Mengadopsi mesin Common Rail 4 silinder berkode 4JA1-CR dengan kapasitas 2.500cc telah dilengkapi VGT Turbo Intercooler, Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) hasilnya emisi gas buang Isuzu Traga telah berstandar EURO4.

 

Berbagai medan dari area panen hingga menuju lokasi penjualan, tentu bukan kendala bagi Isuzu Traga yang telah menggunakan suspensi double wishbone dengan coil spring untuk depan dan multi leaf spring di bagian suspensi belakang.

 Baca juga: Petani Klaten Gelar Ritual Sedekah Bumi

Dan selama perjalanan, pengemudi maupun kernet dapat dihibur melalui audio blueooth hingga hembusan blower Ketika merasakan udara panas. Sementara untuk memberikan keamanan, di dalam kabin Isuzu Traga terdapat APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan juga Retracble seatbelt yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh pengemudi demi tambahan kenyamanan.

 

Pastinya dengan Isuzu Traga, hasil panen dapat ditampung lebih banyak dibandingkan kendaraan komersial lainnya. Secara catatan, sebenarnya Isuzu Traga dapat mengangkut beban seberat 2.950kg sehingga makin membuktikan keunggulan Isuzu Traga.

 

Related News