• 26 April 2024

Tiang Besi, Ngabuburit Ala Kicau Mania

"Pantang pulang sebelum gantang, kalau burung kicau tidak 'kerja' paling ujungnya hanya 'kondangan' aja. Tapi paling tidak dengan ketemu teman - teman bisa melepas stres sambil menikmati suara burung dari pinggir lapangan." 

Jagadtani - Berbagai kegiatan dijalankan demi menunggu waktu berbuka puasa, termasuk para kicau mania di seluruh Indonesia. Ngabuburit yang biasanya digunakan untuk mencari takjil sebagai menu berbuka puasa, kali ini ngabuburit bagi kicau mania adalah menggantang burung demi mengetahui performa dari hasil rawatan rutin menjadi pilihan kicau mania. Gantangan yang lebih kerap disebut tiang besi merupakan kegiatan lomba kicau mania. 

Intercone stadium "Intercone stadium "
 
Kegiatan lomba kicau burung biasanya diikuti para pemilik burung Murai, kacer, lovebird, cucak ijo, hingga jenis lainnya. Dan biasanya kategori lomba burung ini mulai dari hanya sekedar Latber (latihan bersama), Latpres (Latihan Prestasi) hingga event komunitas. Perbedaan kelas ini bisa dilihat dari harga tiket hingga sponsornya. 

"Pantang pulang sebelum gantang, kalau burung kicau tidak 'kerja' paling ujungnya hanya 'kondangan' aja. Tapi paling tidak dengan ketemu teman - teman bisa melepas stres sambil menikmati suara burung dari pinggir lapangan. Kalah atau menang urusan 'hoki' tapi silaturahmi yang paling penting." ungkap Angga yang ditemui tim Jagadtani.

Tiang Besi, Ngabuburit Ala Kicau Mania"Tiang Besi, Ngabuburit Ala Kicau Mania"
 
Saat ini, lomba kicau burung mulai modern dengan mengandalkan berbagai piranti berteknologi. Salah satunya dengan mengandalkan cctv untuk setiap no gantangan, sistem penutup gantangan (jika telat maka gagal gantang) dan paling adalah jadwal yang tidak molor. Untuk urusan jadwal yang tidak tepat, biasanya EO 'kelas teri' yang tidak berani komitmen dengan peserta sehingga memilih memundurkan waktu demi tiket terjual.

Selain itu, beberapa gantangan mulai menerapkan pakem 'tidak boleh teriak'. Tujuannya agar dapat menikmati kicauan burung dengan tembakan hingga besetannya saat digantang. Pastinya kualitas burung kicau akan terbukti dan tidak perlu digoda.

 

Related News