• 5 May 2024

Anggur Berbuah Setahun Tiga Kali, Ini Caranya

"Pohon anggur itu butuh perawatan seperti tubuh manusia, namun harus dikondisikan sehat dengan perhatian. Tetapi tidak dimanjakan karena nanti malah jadi malas berbuah."

 

Jagadtani - Pada dasarnya siklus buah pada pohon anggur hanya sekitar satu hingga dua kali dalam satu tahun. Namun dengan berbagai langkah, di Indonesia telah berhasil membuat anggur berbuah hingga tiga kali dalam setahun.

Untuk mendapatkan cara mudah dalam merawat pohon anggur agar dapat berbuah sebanyak tiga kali dalam setahun, tim Jagadtani mengunjungi Shine Garden yang berada di kawasan daerah Bekasi ini.

Di Shine Garden - The Planet of the Grapes, telah berhasil memangkas waktu berbuah pohon anggur yang sebelumnya harus menunggu lama. Pemilik Shine Garden ini berhasil memangkas waktu berbuah menjadi sekitar lima bulan saja 

Dody Kusuma - Shine Garden "Dody Kusuma - Shine Garden "

Dody Kusuma sebagai pemilik mengatakan, untuk membuat pohon anggur dapat berbuah sebanyak tiga kali dalam setahun ada perawatan khusus. Seperti manusia yang harus mendapat tempaan dalam kehidupan.

"Anggur yang hanya dimanjain dengan pupuk maupun penyiraman, maka hanya akan tumbuh seperti belukar sehingga sulit berbuah. Pohon anggur harus dikondisikan sedemikian rupa agar tetap sehat." Ungkap Dody Kusuma.

Manusia yang mendapat tempaan dalam kehidupan akan mampu melalui kerasnya hidup sehingga dapat berkembang. Begitu juga pohon anggur yang harus dipangkas dahannya ataupun pruning agar memaksimalkan pertumbuhan buahnya.

Anggur Berbuah Setahun Tiga Kali"Anggur Berbuah Setahun Tiga Kali"

Dalam memaksimalkan buah pada pohon agar, Dody mengatakan harus memastikan pohon tersebut mendapatkan nutrisi yang cukup, dirawat dengan baik, memotong tunas yang tidak bagus atau pruning, menjaga kelembaban Dan jangan lupa memberikan kasih sayang.

"Selain perewatan tersebut, agar mempermudah saya memberikan pupuk buatan sendiri, jadi hanya membutuhkan satu jenis pupuk. Tujuannya agar tidak repot bila menggunakan banyak jenis pupuk."

Anggur Berbuah Setahun Tiga Kali, Ini Caranya"Anggur Berbuah Setahun Tiga Kali, Ini Caranya"

Pupuk AB MIX tersebut dibuat oleh Dody Kusuma sejak Maret 2023, namun telah banyak digunakan oleh penghobi anggur lainnya. Saat ini, pupuk AB MIX dengan merek Ikibathiku telah dijual di market place.

Bagi Sahabat Tani yang ingin belajar menanam pohon anggur, dapat langsung datang ke Shine Garden di kawasan Bekasi.

Related News