• 19 September 2024

Makin Manis, Ini Waktu Terbaik Memetik Buah Anggur

"Tanaman buah anggur menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memulai urban farming. Berkeinginan untuk mendapatkan rasa yang manis, menjadi alasan utama dalam menanam anggur di halaman rumah. Terlebih ketika berhasil memanen buah anggur dengan rasa yang manis hasil tanaman sendiri, pasti memberikan kebahagian tersendiri."

Jagadtani - Berhasil memanen buah anggur hasil kebun yang berada di halaman rumah, pasti akan sangat menyenangkan. Namun bila hasil panen anggur menghasilkan rasa yang kurang manis, pasti membuat Sahabat Tani kesal. Rasa manis buah anggur berdasarkan jenis yang ditanam, maupun dari bibit atau benih yang digunakan.

Untuk itu, harus dipastikan jenis indukan tanaman anggur yang ditanam memang memiliki kualitas rasa manis. Walau pada dasarnya, hampir seluruh jenis anggur mengandung rasa manis. Tetapi ada langkah untuk memaksimalkan rasa manis pada buah anggur yang di panen sendiri.

Panen buah anggur biasa setelah memasuki usia 30 - 70 hari setelah buah atau bery terbentuk. Perubahan warna akan menjadi salah satu penanda anggur siap di panen. Namun waktu memanen harus dipahami agar rasa manis buah anggur semakin meningkat.

"Waktu terbaik untuk memetik anggur pada pagi hari dan sore hari. Untuk pagi hari diusahakan di bawah jam 9, sedangkan sore hari di atas jam 4. Hal ini agar nutrisi atau glukosa masih mengumpul di dalam buah pada pagi hari atau sore hari.' Ungkap Muanam pada tim Jagadtani.

Waktu tepat memetik buah anggur"Waktu tepat memetik buah anggur"

Menurut Muanam, pada siang hari, nutrisi akan menyebar ke batang pada siang hari sehingga rasa buah anggur menjadi kurang manis. Hal ini telah dirasakan dan dibuktikan pada perkebunan anggur miliknya di daerah Bekasi ini. 

Selain itu, Muanam juga mengatakan bahwa setelah memetik anggur lebih baik disimpan sebelum dikonsumsi. "Agar lebih maksimal rasa pada anggur, ada baiknya buah disimpan selama satu hingga dua hari. Saya menerapkan hal ini sehingga rasa buah anggur lebih nikmat dan manis." ujar Muanam.

Buah anggur memiliki kandungan nutri yang beragam, dalam buah anggur terdiri dari protein, energi, lemak, kalsium, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, kalium, zat besi, zink, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, Vitamin K, asam pantotenat, asam folat, serat, dan air. Khusus kandungan air pada buah anggur mencapai 70—80 persen sehingga rasanya sangat segar.

Beragam kandungan pada buah anggur dapat mencegah kanker, mengatasi gangguan jantung dan pembuluh darah, mengurangi gejala insufisiensi vena kronis dan menekan resiko terkena diabetes. 

Tentunya menanam anggur memberikan banyak keuntungan lainnya bagi Sahabat Tani. 

Related News