• 15 April 2024

Daun Talas Obati Luka Hewan

uploads/news/2020/04/daun-talas-obati-luka-954210d62c9c1df.jpg

Dilakukan uji fitokimia yang menunjukkan bahwa ekstra daun talas mengandung saponin, flavonoid, tanin, alkaloid, steroid dan terpenoid.

JAKARTA - Tanaman talas merupakan jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Di beberapa daerah yang ada di Indonesia, umbi dari tanaman talas sering dijadikan bahan makanan pokok dan sumber karbohidrat. Daun dari tanaman talas ini juga sering disajikan sebagai bahan makanan sejumlah hidangan dengan cara di tumis atau di buat buntil.

Tanaman ini memiliki rasa yang enak dan juga mengandung protein, zat besi, serat, riboflavin yang berkhasiat untuk tubuh. Beberapa mungkin hanya menggunakan akarnya (umbi) dan daunnya untuk diolah menjadi masakan, padahal tangkai daun talas juga memiliki manfaat untuk mengobati luka pada hewan ternak.

Baca juga: Menanam Talas di Lahan Rawa 

Dikutip dari Nusantaranews.co, dalam penelitian yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Kota Manado, Sulawesi Utara, yaitu Bryan Alfonsius Wijaya, Gayatri Citraningtyas dan Frenly Wehantouw menyimpulkan, tangkai daun talas ternyata bisa dijadikan sebagai alternatif obat luka pada hewan ternak.

Tanaman talas merupakan tumbuhan yang memiliki tangkai daun yang semu, berbentuk silindris dan memiliki umbi berwarna coklat muda, sedangkan pada bagian daun berbentuk seperti jantung yang memanjang, dan permukaan daunnya yang tahan air yang diduga dapat menyembuhkan luka pada hewan ternak.

Pengamatan luka dilakukan pada hewan kelinci setiap hari selama sembilan hari pada luka yang diolesi dengan ekstra batang daun talas. Dari hasil pengamatan yang disimpulkan, ekstra batang daun talas dapat berpotensi sebagai alternatif obat luka karena telah menunjukkan hasil penyembuhan luka pada kulit hewan tersebut.

“Sehingga dilakukan uji fitokimia yang menunjukkan bahwa ekstra daun talas mengandung saponin, flavonoid, tanin, alkaloid, steroid, dan terpenoid,” ujar Bryan dalam penelitiannya.

Seperti dilansir Tanipedia.co.id, tangkai daun talas juga memiliki beberapa manfaat untuk luka hewan ternak. Seperti, kandungan zat protein yang tinggi pada tangkai daun talas dapat membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh hewan ternak. Lalu, zat albumin pada tangkai daun talas juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh.

Baca juga: Daun Pisang Cegah Lele Mati

Tangkai daun talas mempunyai struktur daging yang lebih empuk dan bagus untuk pencernaan hewan ternak. Selain itu, juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada hewan ternak karena dalam 100 gram tangkai sudah sangat cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi pada hewan ternak.

Tangkai daun talas memiliki kandungan yang dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap hewan ternak yang cacat. Kandungan albumin juga dalam tangkai daun talas juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh hewan ternak.

Related News