• 29 March 2024

Bisnis Menggiurkan Budidaya Jangkrik

uploads/news/2020/08/bisnis-menggiurkan-budidaya-jangkrik-6080636e75e71b9.jpg

Sebetulnya jangkrik bisa dijadikan olahan pangan. Asal pengolahannya baik dan berlabel, kita bisa membawanya ke market yang luas.”

JAKARTA - Seringkali kita memandang sebelah mata beberapa satwa yang terlihat seperti hama atau menjijikkan.

Padahal di balik itu, terdapat segudang manfaat yang dapat diberikan olehnya.

Seperti halnya jangkrik, serangga yang kerap muncul di malam hari itu memiliki manfaat yang berguna untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

Baca juga: Potensi Tinggi Budidaya Ikan Sidat

Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University yang juga merupakan pakar sistem integrasi peternakan, Prof. Dr. Asnath M. Fuah mengatakan, jangkrik merupakan salah satu pangan alternatif yang baik untuk menambah nilai gizi pangan, serta kaya akan protein.

Saat ini, menurutnya, masyarakat Indonesia lebih mengedepankan pada penggunaan jangkrik sebagai pakan unggas.

Padahal dengan pemasaran yang baik, produksi pangan menggunakan tepung jangkrik akan lebih diminati.

Sebetulnya jangkrik bisa dijadikan olahan pangan. Asal pengolahannya baik dan berlabel, kita bisa membawanya ke market yang luas,” ungkapnya.

Dengan permintaan yang tinggi untuk pakan unggas, suplai jangkrik sendiri belum memenuhi.

Sehingga, usaha budidaya jangkrik dinilai memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

Terutama budidaya jangkrik jenis kliring, cendawang, dan kalung yang memiliki produktivitas yang tinggi. 

Selain itu, pemeliharaannya juga mudah, serta ramah lingkungan.

Di samping untuk pakan unggas, dosen IPB University yang lain sekaligus pakar nutrisi ternak dari Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Dewi Apri Astuti mengatakan, penggunaan tepung jangkrik juga berguna bagi ternak ruminansia dengan kondisi kelahiran tertentu, serta pada masa kehamilan.

Saat ini, menurutnya, peternak lebih sering menggunakan bungkil kedelai dan tepung ikan yang masih diimpor.

Padahal dengan penambahan tepung jangkrik, nilai gizinya pun tidak berbeda jauh.

Hasil riset juga mengungkapkan, ternak kambing dalam masa kehamilan, setelah diberi pakan tepung jangkrik menunjukkan perbaikan nilai gizi dalam darah.

Selain itu, pada kambing jantan, kualitas spermanya pun menjadi lebih baik.

Namun demikian, pemberian tepung jangkrik sebagai pengganti susu maupun pakan bagi ternak hanya bersifat sementara saja.

Dalam usaha budidaya jangkrik, dosen IPB University sekaligus pakar Satwa Harapan dari Fakultas Peternakan, Dr. Yuni Cahya Endrawati mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peternak jangkrik, yaitu kondisi lingkungan terutama suhu dan kelembaban.

Kedua hal tersebut, dinilai sangat berpengaruh pada produktivitas jangkrik.

Karena tempat budidaya haruslah sama dengan habitat aslinya. Selain itu, tipe opositor pada tubuh tiap jenis jangkrik harus diperhatikan, karena akan menentukan manajemen penetasannya. Perbandingan antara beberapa jenis jangkrik yang dibudidayakan di Indonesia menunjukkan bahwa karakteristik jangkrik bimaculatus atau kalung memiliki keunggulan yang berbeda, baik dari umur hingga kandungan nutrien lebih baik,” katanya.

Baca juga: Kesempatan Emas Budidaya Alpukat

Walaupun jangkrik jenis mitratus memiliki penetasan yang lebih tinggi, karakternya yang lincah membutuhkan penanganan yang agak sulit. Jadi inilah alasan mengapa bimaculatus lebih unggul. Itu karena memang pemanfaatan diproduknya atau permintaan pasar secara karakteristik jangkriknya lebih disukai hewan lainnya sebagai pakan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Ternak Jangkrik Perwira Bekasi, Ahmad Anwari, saat ditanya alasannya menggeluti bisnis budidaya jangkrik, ia mengaku budidaya jangkrik, selain menguntungkan, juga tidak memerlukan halaman yang luas untuk budidaya.

"Pakan pendamping pun sangat mudah didapatkan seperti daun pisang maupun rerumputan yang berkadar air tinggi, " ungkapnya.

Related News