• 31 January 2023

Khasiat Putih Telur Untuk Tanaman

Manin mengatakan, pupuk ini membuat tanaman tumbuh lebat dan berbuah cepat dengan kandungan yang ada didalamnya bisa merangsang pertumbuhan akar dan daun.

Dibandingkan dengan kuning telur, putih telur kadang dipandang sebelah mata karena rasanya hambar, tidak segurih kuning telur. Selain itu, kadang dalam pembuatan kue hanya bagian kuningnya yang digunakan karena putih telur dapat membuat kue menjadi keras dan tidak gurih. Padahal, kandungan putih telur sangat bermanfat bagi tubuh.

Tak hanya bagi tubuh, kandungan yang ada di dalam putih telur juga berkhasiat untuk segala jenis tanaman loh, Sahabat Tani. Putih telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Putih telur berperan sebagai matriks penguat, sekaligus perekat dan pengawet organik. Pita tanam organik berbahan dasar eceng gondok dan pelepah pisang merupakan bahan bantu tanam pada sistem tanam padi berupa pita yang didalamnya berisi benih padi.

Baca juga: Mengenal NPK, Pupuk Paling Ampuh

Pengaplikasian pita tanam organik secara menggulung kemudian digelarkan memanjang membutuhkan tingkat kekuatan tarik yang tinggi agar tidak mudah robek. Seperti yang dilakukan Manin, warga Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Ditengah-tengah kesibukannya sebagai pegawai negeri sipil, ia mencoba meracik pupuk menggunakan putih telur sebagai bahan utamanya.

“Cara membuatnya mudah, siapin bahan utamanya yaitu putih telur dengan micin kalau mau ditambahin kuning telurnya juga bisa dan jangan lupa air, kemudian kalau saya dimasukkan ke dalam botol ukuran satu liter lalu difermentasi selama seminggu. Nah nanti kalau sudah jadi, warnanya akan berubah menjadi merah,” ujar Manin saat ditemui Jagad Tani baru-baru ini.

Baca juga: Tips Merawat Mawar Tumbuh Subur

Pupuk tersebut didiamkan sampai keluar aroma tape, itu menandakan permentasinya berhasil. Pada saat disemprotkan ke tanaman Sahabat Tani bisa sampurkan dengan air tapi tidak usah terlalu banyak.

“Saya menyemprotkan pupuk tersebut ke tanaman, dua kali dalam seminggu, biasanya pada pagi dan sore hari. Hasilnya bisa dilihat selama dua minggu ke depan, tanaman yang sering saya kasih pupuk ini ada sawi putih, terong, pakcoy, dan lain-lain. Karena dia bisa buat tanaman buah maupun sayur,” jelas pria yang bekerja di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia tersebut.

Manin mengatakan pupuk ini membuat tanaman tumbuh lebat dan berbuah cepat dengan kandungan yang ada didalamnya bisa merangsang pertumbuhan akar dan daun. Pupuk ini juga dibuat bisa sendiri dengan biaya yang relatif murah.

Baca juga: Tips Menanam Paprika di Polybag

Related News