• 3 May 2024

Cara Jitu Merawat Rumah Burung Walet

uploads/news/2021/11/cara-jitu-merawat-rumah-1481479089df8b1.jpg

Sahabat Tani bisa mendatangkan walet dengan aroma, yaitu cara menebarkan aroma walet di dalam gedung. Aroma walet dapat merangsang penciuman burung walet untuk masuk dan menginap.

Siapa yang tidak mengenal burung walet? Burung walet atau Collocalia Vestita memiliki ciri berwarna gelap, berekor panjang, serta memiliki sayap yang runcing dan juga lebar. Banyak orang yang mencari keberadaan burung walet, namun bukan untuk diambil daging atau telurnya. Yang diinginkan justru adalah sarangnya. Bahkan, tidak jarang ada yang melakukan budidaya sarang burung walet. Hal ini dikarenakan sarang burung walet memiliki manfaat bagi kesehatan dan berbeda dengan sarang burung lainnya.

Kunnadi Harianto, salah satu pembudidaya walet yang berada di Sawah Luhur, Kota Serang, Banten. Ia memberikan tips jitu bagaimana cara perawatan yang baik dan benar untuk rumah burung walet.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Sarang Burung Walet

“Ketika melakukan budidaya walet, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan tempat mereka untuk membuat sarangnya. Siapapun bisa melakukan budidaya burung walet di area khusus, seperti gedung tua yang tidak terpakai atau rumah khusus untuk burung walet membuat sarangnya di sana. Membuat habitat asli di mana kondisi pencahayaannya dibuat seminimal mungkin agar burung walet lebih mudah beradaptasi. Usahakan untuk membuat tempat semirip mungkin dengan habitat asli mereka yaitu lembab, bau, dan gelap,” jelas pria yang akrab disapa Kun itu.

Sahabat Tani bisa mendatangkan walet dengan aroma, yaitu cara menebarkan aroma walet di dalam gedung. Aroma walet dapat merangsang penciuman burung walet untuk masuk dan menginap. Dengan aroma walet, burung walet akan mengira kalau gedung tersebut juga dihuni oleh burung walet lainnya. Selain itu, aroma walet berfungsi untuk membuat walet merasa nyaman dan mengurangi rasa takut terhadap hewan predator.

Baca juga: Laris Manis Sarang Burung Walet

“Aromanya ini bisa menggunakan kotoran walet atau putih telur, kita beli kotorannya dia, dia dari kotoran pun ada harganya. atau pake putih telur kita semprotin ke tembok nanti langsung pada datang,” ujar alumnus Universitas Pelita Harapan tersebut.

Selanjutnya, pancingan kedua yaitu menggunakan suara burung walet. Jika lokasi gedung Sahabat Tani berdekatakan dengan gedung rumah walet lainnya, sang burung akan memilih suara mana yang mereka suka. Maka dari itu, suara yang digunakan haruslah mirip dengan suara walet yang asli.

“Mereka itu ibarat kita menyediakan beberapa hotel nah mereka tinggal pilih mau stay di hotel yang mana, jadi semakin nyaman semakin mereka memilih gedung itu,” tambah Kun.

Apabila sudah mendapatkan burung walet yang datang ke tempat yang telah disediakan, maka perawatannya akan cenderung lebih mudah. Hal ini dikarenakan burung walet bisa mencari makan sendiri.

Baca juga: Inilah Mengapa Sarang Burung Walet Mahal

Umumnya, untuk melakukan pembibitan dari telur, setelah menetas letakan di dalam rumah walet selama dua sampai tiga hari untuk menghasilkan burung yang berkualitas. Beri makan anakan burung walet yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi, seperti rayap, kumbang, semut, dan serangga bersayap lain. Yang terakhir, jauhkan sarang walet dari hama-hama yang bisa mengganggu seperti tikus, kecoa, burung hantu, dan kadal.

Related News