• 27 April 2024

Rahasia Menghilangkan Bau Kandang Landak Mini

uploads/news/2021/11/rahasia-menghilangkan-bau-kandang-77139f417ecc11c.jpg

"Untuk menghilangkan bau dari kandang mini agar bau kotorannya tidak terlalu menyengat, bisa menggunakan serbuk kayu. Perbanyak serbuk kayunya, dengan begitu bau kotorannya tidak akan begitu tercium"

Salah satu hobi yang sedang banyak digandrungi beberapa orang adalah memelihara landak mini. Hewan kecil dan berduri ini dikenal cerdas, ramah, dan mudah akrab dengan pemiliknya yang memang benar-benar menaruh perhatian lebih. Jika Sahabat Tani tertarik memelihara landak mini, ketahui dahulu cara perawatan landak mini agar kandangnya selalu bersih dan bebas dari bau yang tak nyaman.

Kunnadi Harianto, salah satu peternak landak mini di jalan raya Serpong No.km 88, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten, membeberkan rahasia ampuh menghilangkan bau yang menyengat pada kandang landak mini. "Untuk menghilangkan bau dari kandang mini agar bau kotorannya tidak terlalu menyengat, bisa menggunakan serbuk atau serutan kayu. Perbanyak serutan kayunya, dengan begitu bau kotorannya tidak akan begitu tercium," kata pria yang akrab dipanggil Kun itu.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Landak Mini Hamil

Selain itu, kata Kun, Sahabat Tani bisa menggunakan jenis serutan kayu apapun, baik itu serutan kayu biasa bahkan sampai serutan kayu yang mahal sekalipun. Namun, semakin bagus kualitas serutan kayu, pengaruhnya untuk menghilangkan bau bisa semakin besar. "Mau menggunakan serutan kayu yang biasanya ada di tukang pembuatan kayu-kayu pembuatan meja dan lain-lain pun bisa. Sebenarnya menggunakan serbuk kayu kopi tuh ampuh banget. Sayangnya, harganya mahal sekali dan itu pasti akan memberatkan peternak juga. Maka dari itu, alternatifnya bisa pakai serutan kayu yang biasa saja," jelas Kun saat ditemui Jagad Tani di peternakan Raden Farm.

Baca juga: Begini Cara Memelihara Landak Mini

Lebih lanjut Kun menambahkan, selain menggunakan serutan kayu, menggunakan cocopeat juga bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghilangkan bau kandang landak mini. "Cara lainnya, bisa pakai cocopeat. Cocopeatnya dikeringkan, kemuhttp://jalantikus.com/tips/detail/3099/cara-menggunakan-gps-tanpa-internet-di-androiddian dijadikan alas kandang si landak mini ini," tambahnya.

Layaknya hewan peliharaan pada umumnya, Kun mengatakan, makanan juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bau kandang. Sahabat Tani perlu memperhatikan pemilihan makanan yang akan diberikan pada landak mini. "Makanannya juga berpengaruh. Biasanya kalau saya untuk meminimalisir bisa menggunakan dog food. Kalau pakai cat food bisa saja, cuma harganya lebih mahal dan kandungan proteinnya terlalu tinggi, sehingga bisa menyebabkan kegemukan pada landak. Landak kan pemalas ya, sehabis makan langsung tidur. Jadi makanan yang terlalu berprotein tinggi tidak disarankan," tutupnya.

Baca juga: Gemasnya Memelihara Landak Mini

Baca juga: Berhenti Membenci Kucing Liar

Related News