• 3 May 2024

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Ayam Bangkok

uploads/news/2021/11/cara-ampuh-mengobati-penyakit-95003c5e890d3d4.jpg

Cara mengatasi penyakit ayam bangkok yang pertama menurut Rubby ialah pemilihan lokasi kandang. Sebab lokasi kandang yang tepat bisa meminimalisir risiko terkena penyakit.

Sama halnya dengan kita sebagai manusia, jenis penyakit ayam bangkok yang apabila terlambat menerima perawatan, akan menyebabkan kematian. Dalam beternak ayam Bangkok ataupun ayam aduan yang memiliki harga yang mahal hendaknya di pelihara dengan sebaik mungkin. Kandang harus bersih dan lokasi harus terkena sinar matahari, karena jika ayam terkena penyakit ada yang bisa disembuhkan dengan obat dan ada juga ayam yang sulit untuk di sembuhkan.

Biasanya pada ayam yang masih berusia 2 bulan ayam lebih rentan terkena penyakit dibandingkan dengan ayam yang sudah dewasa. Namun bukan berarti ayam dewasa selalu sehat, ada beberapa faktor yang menyebabkan ayam terserang penyakit. Faktor tersebut ialah kebersihan, lokasi terbuka dan cuaca serta makanan ayam. Hal tersebut diungkap oleh Rubby Ferdiansyah atau yang dikenal Rubby Pakhoy Penghobi sekaligus peternak ayam-ayam petarung asal Cikeas, Gunung Putri, Bogor.

Baca juga: Tips Merawat Anak Ayam Bangkok

Ia menambahkan, sebaiknya kita mencegah penyakit-penyakit mematikan pada ayam dengan cara menjaga manajemen kandang yaitu membersihkan secara rutin minimal seminggu sekali. “Penyakit yang paling sering terjadi pada ayam Bangkok itu adalah ngorok dan mata bengkak nah itu disebabkan oleh perubahan cuaca yang drastis biasanya dari panas ke hujan apalagi untuk yang kandangnya beralaskan tanah,” jelas Rubby.

Cara mengatasi penyakit ayam bangkok yang pertama menurut Rubby ialah pemilihan lokasi kandang. Sebab lokasi kandang yang tepat bisa meminimalisir risiko terkena penyakit. “Tempat yang terbaik untuk memelihara ayam bangkok adalah yang alasnya itu bukan langsung tanah, jadi tidak lembab apalagi kalau sudah mulai musim hujan,” saran Rubby.

Usahakan juga kandang ayam Bangkok tidak berdekatan dengan hewan lain. Kita tidak pernah tahu penyakit apa saja yang mungkin dibawa setiap hewan yang berlalu lalang melewati kandang. Maka dari itu, pencegahan sangat diperlukan.

Baca juga: Cara Menjinakkan Ayam Bangkok yang Galak

Selain itu, Rubby juga menyarankan untuk memposisikan kandang ayam bangkok menghadap arah yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terlalu berlebihan akan memicu heat stress pada ayam sehingga bisa mengganggu kesehatan. “Kalau saya sendiri di kandang saya kasih alas rumput sintesis agar tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu lembab, karena kalau lembab kan kita tahu sendiri banyak tikus, kecoa, yang bisa menyebarkan bakteri di tempat makan dan minum,” ujarnya.

Cara ampuh selanjutnya adalah dengan pemberian vaksin pada ayam. Pemberian vaksin merupakan cara mengatasi penyakit ayam Bangkok yang ampuh. Dengan diberi vaksin, ayam bangkok Sahabat Tani akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga tidak lagi rentan terkena penyakit berbahaya. “Pemberian vaksin tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan berlebihan. Kita harus mematuhi aturan penggunaan dan juga memperhatikan kondisi ayam bangkok. Agar meminimalisir risiko buruk, berkonsultasilah pada yang lebih berpengalaman,” tutup Rubby.

Related News