• 15 April 2024

Mengintip Cuan Peternak Udang Red Bee

“Padahal peluangnya masih besar karena masih jarang yang membudidayakan udang Red Bee. Permintaan udang Red Bee selalu ada setiap minggunya. Di farm saya saja, permintaan dari customer biasanya 2000 ekor per minggu dan bahkan bisa lebih”

Sahabat Tani tentu tahu hewan udang. Namun, udang yang kali ini kita bahas bukan udang konsumsi, melainkan udang hias bernama Red Bee.

Udang hias Red Bee memang menarik. Warnanya yang cerah seringkali dijadikan pelengkap untuk mempercantik tampilan akuarium. Ia termasuk hewan invertebrata (hewan kecil tak bertulang belakang) dengan tempat tinggalnya di perairan air tawar.

Baca juga: Sejarah Red Bee, Udang Hias Terlaris

Budidaya udang hias ini pun mudah, bisa dilakukan pada kolam semen dengan kunci sukses pemeliharaan udang hias ini terletak pada kualitas air yang senantiasa terjaga, asupan makanan yang bergizi serta lingkungan budidaya yang mendukung.

Sayangnya, belum banyak yang membudidayakan udang ini, padahal permintaan udang Red Bee kian meningkat seiring dengan maraknya para penghobi aquascape. Hal ini diungkapkan oleh Riyadul Hakim, salah satu peternak udang Red Bee asal Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

“Padahal peluangnya masih besar karena masih jarang yang membudidayakan udang Red Bee. Permintaan udang Red Bee selalu ada setiap minggunya. Di farm saya saja, permintaan dari customer biasanya 2000 ekor per minggu dan bahkan bisa lebih,” ucap Riyadul kepada Jagad Tani.

Baca juga: Kiat Sukses Budidaya Udang Red Bee

Lebih lanjut pria kelahiran darah sunda itu mengaku, adapun omset yang didapat oleh Riyadul bisa mencapai puluhan juta rupiah. “Satu minggu saja minimal banget 2000 ekor, kalau dalam sebulan berarti bisa 8000 sampai 10.000 ekor permintaan. Lalu satu ekor udang Red Bee dihargai Rp 5 ribu per ekor. Satu minggu saja bisa Rp 10 juta, bagaimana kalau sebulan. Itu pun baru minimal, kadang permintaan bisa mencapai 5000 ekor per minggu,” ungkap pria berusia 23 tahun itu.

Baca juga: Udang Hias, Pelengkap Akuarium Cantik

Seperti namanya, Red Bee berwarna dasar putih dengan model belang-belang warna merah, mirip seperti ikan koi kohaku. Modal untuk membudidayakan udang hias ini, cukup membeli indukan seharga Rp 5000 sampai Rp 20.000 per ekornya. Kata Riyadul, waktu pemeliharaannya pun relatif singkat yaitu hanya dalam jangka waktu 3 bulan, Sahabat Tani sudah bisa menuai panen.

Baca juga: Ini Bedanya Budidaya Udang dan Lobster

Baca juga: Ikan Black Ghost Ternyata Mengeluarkan Listrik

Related News