• 26 April 2024

Peran Vital Belalai bagi Kehidupan Gajah

“Belalai merupakan bagian tubuh dari gajah yang sangat penting bagi kehidupan hewan bertubuh besar ini. Hal ini karena belalai tersebut digunakan gajah untuk bertahan hidup"

Gajah termasuk sebagai hewan mamalia yang hampir punah. Bagaimana tidak, hewan ini banyak diburu oleh manusia. Bahkan, baru-baru ini terjadi peristiwa mengenaskan yang dialami oleh bayi gajah.

Bayi gajah sumatera ditemukan terluka parah pada bagian belalainya akibat terkena jeratan perangkap. Lukanya cukup serius, belalainya terlihat seperti membusuk. Bayi gajah tersebut diselamatkan pada hari Minggu (14/11) dari wilayah Desa Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Malangnya, Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto mengumumkan bahwa bayi gajah berjenis kelamin betina yang melalui masa perawatan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Besar tersebut sudah tidak bisa bertahan hidup. Bayi gajah Sumatera berusia sekitar satu tahun itu setelah dirawat selama dua hari tidak bisa bertahan hidup sebab menurut hasil nekropsi yang dilakukan oleh tim medis diketahui bahwa bayi gajah itu mengalami infeksi sekunder akibat luka yang terbuka.

Baca juga: 5 Hewan Indonesia Terancam Punah

Setiap satwa pasti memiliki ciri khas, dan salah satu ciri khas dari gajah adalah belalainya. Gajah juga memiliki gading di samping belalainya. Belalai panjang yang dimiliki gajah menjadi salah satu bagian dari tubuh gajah yang sangat penting. Belalai digunakan gajah untuk makan, minum, mengambil barang hingga bersosialisasi dan berkomunikasi. Untuk itu, bila gajah kehilangan belalainya maka dia tidak akan bisa bertahan hidup.

“Belalai merupakan bagian tubuh dari gajah yang sangat penting bagi kehidupan hewan bertubuh besar ini. Hal ini karena belalai tersebut digunakan gajah untuk bertahan hidup. Belalai atau hidung besar ini layaknya tangan bagi gajah untuk membantu makan maupun minum," ungkap Drh. Andyka Bayu Prasetyo, dokter hewan di KUD Dadi Jaya, Purwodadi, Pasuruan kepada Jagad Tani.

Sangat penting bagi gajah untuk memasukkan cukup makanan ke mulutnya menggunakan belalai panjangnya. Jika belalai gajah terluka atau bahkan sampai tak memiliki belalai, maka terganggu sudah keseimbangan hidup sang gajah.

"Belalai ini berfungsi untuk membersihkan tubuhnya juga. Kalau tidak ada belalai, tidak bisa makan, minum maupun menunjang kehidupannya," ungkap alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Baca juga: Gajah Sumatera Lahir di Padang

Perlu diketahui bahwa gajah merupakan hewan terbesar yang hidup di bumi. Hampir seluruh bagian tubuh dari hewan ini memiliki ukuran yang besar. Di dunia kita mengenal ada dua jenis gajah, yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Perbedaan dari kedua jenis gajah ini adalah pada ukurannya. Gajah Afrika dikenal lebih besar daripada gajah Asia. Nah, di Indonesia sendiri terdapat dua spesies gajah, yaitu gajah Sumatera dan gajah Kalimantan.

Sayangnya manusia seringkali masih melakukan perburuan gajah secara liar, padahal spesies hewan mamalia ini sudah langka. Oleh sebab itu, gajah menjadi salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Bisakah manusia dan gajah hidup saling berdampingan?

Baca juga: Inilah Satwa Tertua di Ragunan

Related News