• 21 July 2024

Marmut Unik Berbentuk seperti Kuda Nil

“Marmut hias yang tidak berbulu ini hasil perkawinan silang dari Guinea Pig berbulu dengan Hartley Guinea Pig yang tidak berbulu. Karena bentuknya yang tidak punya bulu jadi banyak orang melihatnya seperti kuda nil atau seperti babi”

Marmut salah satu hewan kecil yang lucu dan menggemaskan banyak disukai anak-anak maupun orang dewasa. Marmut yang biasanya terlihat memiliki bulu lebat dengan warna dan corak yang bermacam-macam, ternyata ada juga marmut unik dengan rupa yang berbeda dari biasanya.

Marmut ini tidak memiliki bulu sehingga banyak yang bilang marmut ini mirip seperti kuda nil. Bentuk tubuhnya lebih kecil dari marmut biasanya dan tubuhnya gemuk serta tidak memiliki bulu. Mereka menyebutnya sebagai marmut Skinny Guinnea Pig.

Baca juga: Rahasia Menghilangkan Bau Kandang Landak Mini

Hewan asli Kanada ini bisa dibilang langka dan sulit didapatkan. Perbedaannya dengan marmut biasanya dapat dilihat dari bentuk kupingnya yang menutup dan terlipat kearah depan. Didi, penjual Marmut Skinny Guinnea Pig menjelaskan keunikan dari marmut yang tidak biasa ini.

“Skinny Guinnea Pig ini berbeda dengan marmut biasanya, marmut hias yang tidak berbulu ini hasil perkawinan silang dari Guinea Pig berbulu dengan Hartley Guinea Pig yang tidak berbulu. Karena bentuknya yang tidak punya bulu jadi banyak orang ngelihatnya seperti kuda nil atau seperti babi” ucap Didi kepada tim Jagad Tani saat ditemui di acara exotic pets & plants di Pondok Indah Mall.

Uniknya lagi, tidak semua tubuh Skinny Guinnea Pig ini tidak ditumbuhi bulu. Bulu-bulu halus hanya terdapat di beberapa bagian tubuhnya saja yaitu pada moncong dan keempat kakinya. Kata Didi, perawatan marmut unik ini pun sama seperti marmut pada umumnya.

“Untuk perawatan marmut Skinny Guinnea Pig ini sama kaya marmut biasanya, seperti makanannya diberi sayuran, pelet kelinci juga. Alasnya pun juga menggunakan serbuk kayu. Namun marmut ini masih jarang diperjual belikan karena hewannya susah didapatkan jadi tergolong marmut yang sangat langka,” ucap Didi.

Baca juga: Elang Jawa, Penguasa Langit yang Terancam

Langkanya marmut Skinny Guinnea Pig ini membuat harganya bisa terbilang mahal, untuk marmut berumur 3 bulan bisa di banderol dengan harga Rp 5 juta rupiah, dan hewan ini baru boleh dibeli pada usia 3 bulan. Ukuran tubuh marmut Skinny Guinnea Pig ini bisa seperti tubuh kelinci.

Sayangnya, marmut tidak memiliki umur yang panjang. Kata Didi, ia hanya mampu bertahan hidup di usia lima sampai tujuh tahun saja. “Marmut ini karena langka jadi penjualannya juga susah, umur 3 bulan baru boleh diperjual belikan, kalau masih umur satu bulan belum boleh” tutup Didi.

Baca juga: Kuskus, Mamalia Langka Asal Timur

Related News