• 6 October 2022

Ini Pakan Tepat Udang Red Bee

“Perlu waspada dan ketelitian kalau memberi pakan udang red bee, apalagi jika pakannya mengandung banyak amoniak. Kalau pakan banyak amoniaknya, bisa menyebabkan udang red bee mudah mati”

Di kalangan aquascaper, udang hias jenis red bee sudah tidak asing lagi dijumpai. Udang yang memiliki panjang kurang lebih 1,2 sentimeter ini jadi primadona sebagai penghias akuarium.

Secara umum udang hias red bee memiliki ciri khas berwarna putih salju yang dominan di seluruh tubuhnya dan corak vertikal berwarna merah cerah. Maka tak heran bila orang-orang menyebutnya dengan nama “Red Bee” yang berarti “Lebah Merah” karena bentuknya yang menyerupai tubuh lebah.

Baca juga: Udang Hias, Pelengkap Akuarium Cantik

Kepopuleran udang red bee sudah tidak diragukan. Riyadul Hakim, salah satu pembudidaya udang red bee di Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat mengaku permintaan udang red bee kian meningkat. “Red bee itu memang rata-rata banyak dicari untuk akuarium atau aquascape. Dalam satu minggu permintaan udang red bee bisa mencapai 2000 ekor,” ucap Riyadul kepada Jagad Tani.

Baca juga: Sejarah Red Bee, Udang Hias Terlaris

Lebih lanjut, Riyadul mengatakan, bila Sahabat Tani baru memulai untuk budidaya udang red bee maka perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perawatan udang hias ini. Salah satu yang paling utama dalam perawatannya adalah memperhatikan pakan yang digunakan.

“Perlu waspada dan ketelitian kalau memberi pakan udang red bee, apalagi jika pakannya mengandung banyak amoniak. Kalau pakan banyak amoniaknya, bisa menyebabkan udang red bee mudah mati” ungkap pria kelahiran darah sunda itu.

Riyadul memberikan tips dan trik pemberian pakan yang baik saat budidaya udang red bee. “Lebih baik gunakan sayuran sebagai pakannya, kalau farm saya biasanya menggunakan sawi putih. Atau pelet juga bisa namun jangan terlalu sering. Kalau penggunaan pelet cukup satu minggu sekali saja,” ungkap pria berusia 23 tahun itu.

Baca juga: Ini Bedanya Budidaya Udang dan Lobster

Kata Riyadul, penggunaan sayur selain mudah didapat, akan jauh lebih aman untuk kesehatan udang. Biasanya, Riyadul sendiri merebus sayur terlebih dahulu kemudian ia masukkan kedalam kolam. “Sawi putih di rebus, kemudian berikan kedalam kolam atau bak tempat budidaya udang red bee. Biasanya makanan habis dalam tiga sampai empat hari kemudian. Nanti baru kasih lagi makanannya. Pemberian pakannya bukan terus-terusan seperti ikan,” tutup Riyadul.

Baca juga: Kiat Sukses Budidaya Udang Red Bee

Related News