• 26 April 2024

Microgreen, Sayuran Mini Bernutrisi Tinggi

uploads/news/2021/11/microgreen-sayuran-mini-bernutrisi-26852f6be60a783.jpg

“Microgreen adalah semua jenis tanaman sayur dalam bentuk micro (kecil), perkecambahan dari suatu tanaman sayur”

Perkembangan ilmu pengetahuan semakin meningkat, begitu pula dalam dunia pertanian dalam mengolah sayur-sayuran untuk mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin.

Sayuran memang kaya akan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Namun apakah kandungan di dalamnya akan tetap sama saat sayuran tersebut masih dalam bentuk sayuran muda dan sayuran dewasa?

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah ada, kandungan nutrisi pada sayuran muda 4 hingga 40 kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran dewasa. Sayuran muda pada sayuran hijau tersebut dapat kita kenal dengan sebutan microgreen. “Microgreen adalah semua jenis tanaman sayur dalam bentuk micro (kecil), perkecambahan dari suatu tanaman sayur.” Ungkap Bella, penggelut usaha microgreen kepada Jagad Tani.

Baca juga: Sayur-Sayuran Kecil Sejuta Manfaat

Lebih lanjut Bella menuturkan, microgreen merupakan sayuran hijau yang dipanen saat usianya masih sangat muda yaitu setelah 7-14 hari dari masa semai. Microgreen dipanen pada saat tinggi bibit sekitar 1,5 hingga 2 inci. Hasil dari microgreen ini memiliki jumlah gizi serta vitamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang ditanam dan dipanen secara biasa. Microgreen juga bebas dari bahan kimia dan hama karena dipanen di usia dini.

“Untuk panennya sendiri hanya dapat dipanen 1 kali saja untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal pada daun pertumbuhan pertama.” tutur Bella.

Baca juga: Tips Berkebun pada Musim Hujan

Owner Karila Farm ini menambahkan, perawatan microgreen cukup mudah dan tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan. Tidak perlu menggunakan pupuk, cukup disemprot dengan air satu hari sekali dengan menggunakan sprayer. Digunakannya sprayer untuk melembabkan saja jika terlalu banyak air, akar microgreen akan busuk bahkan media tanam dapat ditumbuhi dengan jamur.

“Cara penanaman microgreen tidak memerlukan media tanam yang sulit, bisa menggunakan tanah seperti biasa bisa juga menggunakan cocopet atau sabut kelapa.” tutur Bella lebih lanjut.

Baca juga: Mengintip Peluang Bisnis Microgreens

Selain itu, Kata Bella, penanaman microgreen tidak perlu diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Sahabat Tani hanya perlu letakkan di tempat teduh agar microgreen tidak mudah layu dan mati. “Panennya cukup mudah, hanya perlu digunting sampai batas media tanam kemudian di cuci dan langsung bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkannya ke dalam berbagai jenis makanan tanpa terkecuali, bisa di buat sebagai lalapan atau bisa juga di buat jus sebagai minuman. Tidak perlu ada proses pemasakan.” ungkap Bella.

Bella menjelaskan, microgreen memiliki rasa yang bermacam-macam tergantung dari jenis sayurannya. Kecambah ini bisa dinikmati oleh semua kalangan dari mulai anak-anak, dewasa hingga yang sudah lanjut usia.

Baca juga: Menjajal Aplikasi Pendeteksi Kesegaran Buah

Related News