• 19 April 2024

Memelihara Bearded Dragon, Kadal Gurun Australia

Meskipun banyak yang menganggapnya menyeramkan, reptil justru terkesan unik dan eksotis. Salah satu yang menjadi favorit para pencinta reptil adalah bearded dragon atau naga berjanggut.

Saat mendengar kata peliharaan, yang terlintas di pikiran Sahabat Tani mungkin hewan-hewan seperti kucing, ikan, anjing, kelinci, hamster, dan burung. Namun, beberapa orang banyak yang memilih memelihara jenis reptil dibandingkan hewan-hewan umum tersebut.

Ada beragam jenis reptil yang dipelihara, mulai dari ular, buaya, hingga kadal. Meskipun banyak yang menganggapnya menyeramkan, reptil justru terkesan unik dan eksotis. Salah satu yang menjadi favorit para pencinta reptil adalah bearded dragon atau naga berjanggut.

Baca juga: Tegu Merah Argentina, Spesies Terbesar se-Dunia

Reptil bernama latin Pogona ini berasal dari alam liar Australia. Mereka umumnya tinggal di padang pasir pantai, hutan gersang, semak belukar dan sabana. Meski bagi sebagian orang reptil ini masih terdengar asing, ternyata hewan gurun yang sangat bersahabat dan mudah dijinakkan ini bisa dikatakan tergolong mudah untuk dipelihara.

Vania, pencinta hewan dan penghobi ikan hias mas koki yang masih berusia 13 tahun itu mengatakan, di habitat aslinya, kadal omnivora ini memakan serangga, buah-buahan, dedaunan dan bunga. “Makanan bearded dragon bisa pakai jangkrik atau kecoa dubia. Biasanya pemberian pakan dalam sehari aku kasih 20 jangkrik atau sampai dia kenyang. Tapi maksimal 20 jangkrik,” ucap perempuan kelahiran 2008 itu kepada Jagad Tani.

Kata Vania, kadal unik peliharaannya itu juga suka tempat tinggal yang hangat. “Makanya di kandangnya ini aku kasih lampu buatan untuk menjaga tempat tinggalnya selalu hangat dan kering,” imbuhnya.

Kadal yang sering dipanggil beardies ini menyukai lingkungan yang kering dan panas mengingat reptil ini merupakan hewan berdarah dingin. Mereka sangat bergantung pada sumber panas dari luar untuk meningkatkan suhu tubuh mereka. Sahabat Tani akan mudah menemukan beardies sedang berjemur di atas batu dalam waktu cukup lama bisa 10-12 jam per hari. Namun, saat cuaca terlalu panas atau ingin meghindar dari predator, mereka biasanya akan menyusup ke dalam tanah.

Baca juga: Crocodile Skink, Kadal Berduri Menyerupai Naga

Bearded dragon ini memiliki panjang sekitar 40-60 sentimeter dari kepala hingga ujung ekor. Umurnya cukup panjang, yakni sekitar 4-10 tahun untuk naga liar dan sekitar 8-14 tahun untuk naga peliharaan tentu dengan perawatan yang tepat. Dengan perawatan kandang yang tepat, kadal berjanggut ini akan memiliki tempat tingggal yang nyaman.

“Misalnya pakai kokohas untuk alas kandang bearded dragonnya seperti punyaku ini. Karena nantinya kalau pakai kokohas, kotoran-kotorannya bisa terserap dan bikin kandang nggak bau,” tutupnya.

Baca juga: Ini Cara Pengiriman Reptil yang Aman

Related News