• 28 April 2024

Keunikan Kuda Nil, Keringatnya Berwarna Merah

"Dia itu uniknya adalah keringatnya berwarna merah seperti darah.."

Kuda nil (Hippopotamus amphibius) merupakan salah satu hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih. Kuda nil memiliki ciri tubuh yang besar dan berat dengan kulit berwana gelap kelabu. Kuda nil juga memiliki gading besar yang biasa digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh.

Jika Sahabat Tani berkunjung ke Taman Safari Indonesia (TSI) dan melewati exhibit kuda nil, lalu mendengar suara keras yang muncul dari mulut, bisa jadi kuda nil tersebut sedang buang angin (kentut). Kenapa bisa begitu, ya? Sebab, lubang pada struktur pencernaan kuda nil cukup sempit. Sedangkan, rongga perut kuda nil berukuran besar. Oleh karena itu, gas dari sistem pencernaannya dikeluarkan kembali lewat mulut.

Baca juga: Mengenal Serval, Kucing Para Artis

Aldy, salah satu pengelola TSI Cisarua, Bogor ini menjelaskan apa saja keunikan-keunikan lain pada kudanil. “Dia itu uniknya adalah keringatnya berwarna merah seperti darah. Kenapa begitu karena didalam tubuhnya ada lemak yang bisa membuat keringatnya berwarna merah,” jelasnya.

Aldy juga menyampaikan bahwa Kuda nil bisa berendam dalam kurun waktu yang sangat lama. “Kuda nil adalah hewan yang sangat suka berendam di air, dia itu memiliki kulit yang sensitif terhadap sinar matahari makanya dia berendam itu bisa sampai belasan jam di dalam air,” ungkap pria yang sudah lima tahun bekerja di TSI Bogor itu.

Baca juga: Babi Rusa, Si Pemalu Bertaring Panjang

Ciri lainnya dari Kuda Nil adalah mulut dan giginya yang sangat besar, empat kaki berukuran pendek dan gemuk, serta badan yang hampir tidak berambut. Kuda nil memiliki watak agresif dan dianggap salah satu hewan paling berbahaya di Afrika.

Kuda nil tinggal di Afrika sub Sahara. Mereka tinggal di dekat air tawar, seperti danau dan sungai. Kira-kira terdapat 125 ribu hingga 150 ribu Kuda nil di Afrika, dan yang terbanyak berada di Zambia dan Tanzania. Kuda nil termasuk sebagai hewan herbivora, yaitu hewan yang memakan buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan. Salah satu makanan kesukaan kuna nil adalah rumput pendek. selain itu kuda nil memiliki keunikan lainnya yaitu mereka mencari makanan di malam hari.

Baca juga: Fakta Unik Panda di Musim Kawin

Related News