• 16 June 2024

Drone Canggih Bantu Para Petani Banyuwangi

Dengan memanfaatkan teknologi khususnya penggunaan drone, petani akan jauh lebih hemat secara tenaga dan secara efisiensi waktu.

Zaman serba canggih, sektor pertanian pun tak kalah ketinggalan inovasi dalam memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi di bidang pertanian yang mulai dikenalkan dan mampu mendukung sektor pertanian secara luas adalah penggunaan Drone.

Pesawat tanpa awak yang digerakkan menggunakan sebuah remote control dari jarak jauh ini mulai dikenalkan pada kelompok tani dusun Parastembok, Desa Jambewangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Drone hasil kolaborasi antara AIP-Prisma, Halo Robotics dan FMC ini, mampu menyemprot dalam waktu sepuluh menit. Hasilnya, penggunaan drone ini dinilai jauh lebih efektif karena mempersingkat waktu bila dibandingkan dengan metode manual yang membutuhkan waktu delapan jam.

Baca juga: Drone Canggih Untuk Pertanian Lahan Kering

Selain meningkatkan efisiensi, penggunaan drone bisa membantu para petani menurunkan biaya produksi tanamanan. Tidak hanya itu, penggunaan drone bisa meminimalisir para petani terkena langsung paparan pestisida, sehingga petani tidak terkena dampak negatif dari segi kesehatan. Proses penyemprotan (spraying) yang bekerja pada metode drone, dilakukan melalui pemetaan dan menjamin keseragaman hasil. Sehingga hasilnya tidak kalah dengan metode manual, seluruh tanaman akan rata terkena penyemprotan.

Drone yang mampu mengangakat tangki dengan beban 30 kilogram itu, diadakan uji coba pada lahan seluas dua hektar sebelum launching di pasaran. Para petani dari dusun Parastembok memperhatikannya dengan seksama.

“Pengalaman pertama melihat drone untuk penyemprotan tanaman, dan diharapkan penggunaan drone ini dapat memangkas biaya produksi,” kata Anis Dawafi, salah satu petani asal Banyuwangi dalam siaran pers.

Baca juga: Canggih, Semprot Pupuk Pakai Drone

Pengenalan teknologi drone ini untuk mengenalkan para petani agar lebih paham dan mengerti manfaat teknologi bagi petani yang nantinya dapat digunakan secara bersama sama untuk kemajuan dan keberhasilan pertanian yang ada.

Karena dengan memanfaatkan teknologi khususnya penggunaan drone ini, petani akan jauh lebih hemat secara tenaga dan secara efisiensi waktu. Penggunaan pestisida bisa meningkat meskipun memiliki tenaga kerja yang minim. Ditambah, penggunaan drone bisa mengontrol pemerataan droplet, sehingga efikasi produk akan lebih maksimal untuk semua hamparan tanaman.

Baca juga: Memantau Satwa Liar dengan Drone

Baca juga: Negara-Negara dengan Pertanian Tercanggih Sedunia

Related News