• 16 April 2024

Upaya Penyelamatan Ribuan Hewan Ternak Semeru

“Kondisi terakhir, kebutuhan pakan ternak insyaAllah sudah cukup. Yang dibutuhkan urgent saat ini adalah juga pengerahan alat berat untuk evakuasi dan penguburan ternak yang mati karena sudah mulai membusuk”

Banyaknya hewan ternak yang terkena abu vulkanis Gunung Semeru membuat para relawan ikut turun tangan, salah satunya oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Timur (Jatim).

Drh. Deddy F. Kurniawan, PDHI Korwil Jatim mengungkap, puluhan dokter hewan terjun ke Lumajang untuk memberikan bantuan sekaligus memberikan pelayanan kesehatan.

“Ada 2 lokasi yang dituju karena jembatan perak dipiket nol didaerah bencana itu putus sehingga lokasi terbagi 2. Pertama, lokasi bagian timur di Pronojiwo Candipuro bisa ditempuh lewat jalur Lumajang. Kemudian yang kedua, lokasi bagian barat di Supit Utang bisa ditempuh lewat jalur Malang,” katanya kepada Jagad Tani.

Lebih lanjut Deddy mengatakan, di bagian timur terdata 764 sapi, 684 kambing domba dan 1578 unggas yang berhasil di selamatkan. Dibagian barat terdata 150 sapi yang berhasil dievakuasi dan ditemukan 17 sapi mati kemudian berhasil dievakuasi 200 kambing domba dan ditemukan 50 yang mati.

Baca juga: Semeru Meletus, Ratusan Hewan Ternak Mati

Dokter hewan spesialis sapi perah ini mengatakan, pada Rabu (8/12), PDHI Jatim memberangkatkan 5 armada dengan total barang yang dikirim berupa 10 ton rumput segar, 7 ton silase, suplemen ternak, sembako, pampers, pakaian layak pakai untuk para korban bencana dan lain-lain.

“Kondisi terakhir, kebutuhan pakan ternak insyaAllah sudah cukup. Yang dibutuhkan urgent saat ini adalah juga pengerahan alat berat untuk evakuasi dan penguburan ternak yang mati karena sudah mulai membusuk,” ungkapnya.

Baca juga: Ratusan Ulat Bulu Menyerang Warga Bogor

Selain pendistribusian kebutuhan hewan ternak, PDHI Jatim mengirimkan timnya di wilayah timur untuk pemeriksaan dan pengobatan massal hewan-hewan ternak yang terdampak. Dan hari Sabtu ini akan diterjunkan lagi tim PDHI Jatim di wilayah barat.

“Hari Sabtu tanggal 11 Desember PDHI akan turun lagi bersama tim relawan ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dengan fokus pengobatan massal, penyaluran ratusan paket sembako dan kebutuhan ternak lainnya. Dengan program yang sama, pemeriksaan dan pengobatan massal,” imbuhnya.

Baca juga: Begini Cara Ternak Ayam Kampung

Related News