• 15 April 2024

Ratusan Ulat Bulu Menyerang Warga Bogor

"Sudah sekitar satu mingguan mulai masuk ke rumah warga, banyak ulatnya. Setahu saya ini jarang terjadi dan baru kali ini. Mungkin ini karena ada peralihan musim dari panas ke hujan”

BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melakukan evakuasi ulat bulu yang menyatroni pemukiman warga di Kelurahan Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat atau tepatnya di Kampung Cimanggu Wates RT02 RW 05.

Baca juga: Momen Jokowi Tanam Jagung Pakai Traktor

Ratusan ulat bulu tersebut menyerang empat rumah warga setempat sudah sejak sekitar seminggu yang lalu. Ulat bulu berceceran menempel di dinding rumah, bahkan sudah ada yang masuk ke dalam rumah warga.

"Sudah sekitar satu mingguan mulai masuk ke rumah warga, banyak ulatnya. Setahu saya ini jarang terjadi dan baru kali ini. Mungkin ini karena ada peralihan musim dari panas ke hujan," kata Dian, warga setempat, kepada Jagad Tani.

Baca juga: Mentan Dorong Ekspor Pangan Lokal

Petugas BPBD yang tiba di lokasi langsung melakukan penangangan pertama dengan cara menyemprotkan cairan pembasmi hama ulat bulu. Proses evakuasi berlangsung hingga pukul 18.15 dari mulai penanganan pukul 15.30 WIB.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas, keberadaan ulat bulu yang mengganggu empat rumah warga tersebut berasal dari pohon mangga milik salah satu warga setempat.

Baca juga: Kabar Gembira, Ragunan Kembali Dibuka

Untuk penangangan pertama, pihaknya melakukan penyemprotan cairan pembasmi hama ulat bulu agar penyebaran serangga ini tidak meluas ke rumah warga yang lain.

"Kondisi saat ini assessment dan penanganan evakuasi hama ulat bulu sudah selesai dilakukan oleh TRC-PB BPBD Kota Bogor di lokasi kejadian. Untuk korban tidak ada," pungkasnya.

Baca juga: Cara Ternak Kroto dengan Toples Murah

Related News