• 29 April 2024

Mas Koki Demekin Bikin Demen

uploads/news/2021/12/mas-koki-demekin-bikin-421229e0f6eb180.jpg

“Demekin badannya itu memang mirip sama ryukin, bedanya hanya pada bagian matanya saja. Kalau mata demekin itu belok atau menonjol istilahnya”

Pesona ikan mas koki memang tidak pernah hilang. Pencinta ikan hias mas koki justru semakin menggila lengkap dengan jenis-jenisnya yang semakin beragam, mulai dari jenis ranchu, oranda, ryukin, demekin dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis mas koki yang memiliki banyak peminatnya adalah demekin. Si mata belok ini merupakan persilangan dari ikan mas koki jenis ryukin dan telescope. Karena itu, karakter demekin juga mirip dua jenis tersebut. Dan ia dinamai ‘demekin’ yang dalam bahasa jepang berarti teleskop. Selain itu, demekin sejak awal dikembangbiakkan di Jepang.

“Demekin badannya itu memang mirip sama ryukin, bedanya hanya pada bagian matanya saja. Kalau mata demekin itu belok atau menonjol istilahnya,” ucap Vania, pencinta ikan hias mas koki saat ditemui Jagad Tani di perumahan alam sutera asri 4.

Baca juga: Waspada Penyakit Dropsy pada Mas Koki

Kata Vania, perpaduan antara badannya yang gembul dan matanya yang belok ini bikin para pencinta ikan hias mas koki semakin ‘demen’ dibuatnya. Warnanya juga beragam mulai dari merah, merah putih, hitam, hitam putih, cokelat, biru, lavender, dan cokelat biru. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 10 sentimeter, tergantung pada cara pemeliharaan dan pemberian pakan yang digunakan. Semakin proporsional dan tanpa cacat, harganya tentu semakin melambung.

“Apalagi kalau matanya demekin besar, semakin dianggap cantik dan bisa dibanderol dengan harga yang mahal. Matanya demekin semakin gede maka akan semakin bagus,” ucap gadis yang berhasil menyandang ratusan piala kontes mas koki itu.

Baca juga: Ini Syarat Ryukin jadi Juara Kontes

Pilihan pakan juga beragam. Mulai pelet hingga pakan hidup seperti cacing darah atau cacing sutera. Yang patut diwaspadai dalam merawat ikan tersebut adalah suhu air. Perubahan suhu bisa membuat ikan mudah stres. Apalagi bila airnya jarang dikuras dan kotor.

Satu lagi yang perlu diwaspadai, demekin bisa saling menyerang satu sama lain jika dalam satu tank terdapat begitu banyak jenis ikan. Area yang paling rentan jika mereka saling menyerang adalah mata dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Jika demekin kehilangan satu matanya, karakternya akan berubah menjadi lebih agresif.

“Dan yang paling penting, kalau untuk kontes mas koki demekin, matanya itu tidak boleh besar sebelah,” tutupnya.

Baca juga: Rahasia Mencetak Ranchu Kontes

Baca juga: Anak Band Sukses Ternak Mas Koki

Related News