• 27 April 2024

Ciri-Ciri Kanguru saat Ingin Melahirkan

"Tanda-tanda betinanya sudah siap melahirkan biasanya mereka suka nyari tempat yang sepi dan tertutup seperti semak-semak dan posisinya duduk. Ekornya di depan kakinya mengarah ke bawah"

Sahabat Tani pernah tidak melihat kanguru melahirkan? Kanguru ternyata hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk melahirkan loh, Sahabat Tani. Kenapa bisa begitu? Budi, Keeper kanguru di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor mengatakan bahwa kanguru bisa berkembang biak dengan cepat dan melahirkan anak maksimal sampai empat kali dalam waktu yang berurutan.

“Kanguru itu dewasa kelamin mulai usia tiga tahun untuk jantan, sedangkan betina 2,5 tahun. Nah nanti kalau udah sama-sama suka biasanya udah berdua, dipepet terus karena kan kalau mereka termasuk bisa poligami ya tapi walaupun betinanya banyak dia pepet satu dulu lalu kawin setelah satu hari langsung hamil. Hamilnya itu cuma lima minggu. Tanda-tanda betinanya sudah siap melahirkan biasanya mereka suka nyari tempat yang sepi dan tertutup seperti semak-semak dan posisinya duduk. Ekornya di depan kakinya mengarah ke bawah,” jelasnya.

Baca juga: Penyakit Katarak Pada Kanguru Abu-abu

Lalu, mengapa di depan perut kanguru terdapat sebuah kantong? Kanguru merupakan hewan mamalia khas Australia yang memiliki sebuah kantong di depan perutnya. Kanguru memiliki dua kaki belakang yang kuat dan telapak kaki yang besar sehingga dapat meloncat dengan kecepatan yang tinggi hingga 70km/jam. Tetapi biasanya kanguru hanya meloncat dengan kecepatan sekitar 20 sampai 25 jam/km.

“Nanti anaknya lahir itu hanya 2 sentimeter dan itu bayinya belum sempurna bentuknya seperti prematur, proses kelahirannya pun seperti yang tadi saya jelaskan. Setelah itu anaknya dijilat dari alat kelaminnya sampai ke kantung. Jadi kan kalau misalnya kering mempermudah si bayinya naik makanya tadi dia harus di tempat yang sepi agar tidak terganggu dengan kanguru yang lain soalnya kalau anaknya jatuh dia tidak bisa ngambilnya lagi,” tuturnya.

Baca juga: Menillik Sejarah Taman Safari Indonesia

Bayi kangguru dilahirkan pada saat masih embrio tahap awal, lalu embrio tersebut akan merangkak masuk ke dalam kantung ibunya (marsupium) selanjutnya embrio akan menyusu pada puting susu ibunya yang ada di dalam kantong dan mengalami perkembangan.

Prosesnya hanya 30 menit pada saat mulai naik ke kantung anaknya ia akan menempelkan mulut ke puting ibunya. Tidak lama setelah itu sang betina bisa langsung kawin lagi. Jadi di dalam kantung pun ada empat puting susu, satu yang panjang dan yang tiga memiliki ukuran normal. Maka dari itu kanguru bisa langsung reproduksi dan melahirkan tiga anak lagi.

“Satu anak cukup satu puting. Nanti seiring usianya bertambah, gantian sama yang lain. Kita pantau saja biar supaya nggak sampai jatuh anaknya. Tiga bulan nempel ke puting susunya, enam bulan baru bisa keluar,” tutup Budi.

Baca juga: Fakta Unik Panda di Musim Kawin

Related News