• 27 April 2024

Rahasia Pembesaran Bebek, Bobot Naik Drastis

“Saya meracik sendiri pakannya, dan dari hasil racikan tersebut bisa memperbesar bobot daging bebek yang saya budidaya”

Sentra kuliner semakin banyak yang menyediakan menu khas bebek. Untuk itu, peternak bebek mulai banyak bermunculan di beberapa daerah di Indonesia khususnya bagi peternak bebek pedaging.

Para peternak bebek berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas daging bebek. Cara yang tepat untuk meningkatkan bobot bebek pedaging ialah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi secara lengkap, contohnya seperti memberikan pakan konsentrat.

Pakan bebek pedaging agar cepat besar merupakan salah satu hal penting dalam usaha ternak bebek. Tidak hanya mengandalkan pakan pabrik saja, rupanya menurut Aeng, salah satu peternak bebek hibrida di Ciseeng, pakan bebek di peternakannnya juga ia racik sendiri dengan menggunakan bahan baku yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Selain bisa menekan biaya produksi, Aeng mengaku racikan pakan ini dapat mempengaruhi pembesaran bobot bebek.

“Saya meracik sendiri pakannya, dan dari hasil racikan tersebut bisa memperbesar bobot daging bebek yang saya budidaya,” ungkapnya kepada Jagad Tani saat ditemui di peternakannya yang berlokasi di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Berawal Coba-coba, Kini Sukses Beternak Bebek

Pria berusia 29 tahun itu mengatakan, keahlian meracik pakan sendiri tentu didapat dengan cara terlebih dahulu memahami kebutuhan nutrisi bebek. Dan Sahabat Tani perlu memilih dengan tepat jenis pakan yang digunakan.

“Rahasianya, kalau saya pakai daun pepaya. Campurkan daun pepaya di konsentrat tersebut, nanti dia bobotnya jadi lebih besar. Di hari ke 38 saja bebek saya sudah mencapai bobot 2 kilo-an. Kalau bebek hibrida normalnya kan panen di hari 42-45 hari ya,” ungkap alumnus Universitas Bung Karno itu.

Saat Jagad Tani mengunjungi lokasi peternakannya, terdapat beberapa pohon pepaya di sekitar kandang bebek. Kata Aeng, daun pepaya tersebut yang ia gunakan untuk campuran pakan. “Daun pepaya ini sangat berpengaruh sekali,” imbuhnya.

Satu hal yang Aeng sarankan kepada Sahabat Tani. Menurutnya, sebaiknya peternak bebek tidak mudah tergiur dengan harga pakan yang murah. Sebab, ia sendiri mengaku pernah mengalami kerugian akibat memilih pakan bebek berdasarkan harga murah.

“Waktu itu pernah rugi atau istilahnya ketipu karena beli pakan yang murah. Bobot bebek jadi tidak naik. Baiknya di racik sendiri kalau memang mau menekan biaya pakan karena memang biaya pakan bebek itu sangat besar sekali,” tutupnya.

Baca juga: Bebek Hibrida, Bebek Paling Cepat Panen

Related News